Logo BBC

Supermarket Inggris Boikot Produk Minyak Sawit

 - BBC
- BBC
Sumber :
  • bbc

Iceland akan menghentikan penggunaan produk mereknya sendiri yang menggunakan minyak kelapa sawit pada akhir tahun 2018.

Jaringan pertokoan nasional yang bermarkas di Deeside -sekitar empat jam perjalanan mobil dari London- akan menjadi supermarket besar pertama Inggris yang melarang kandungan minyak kelapa sawit, yang selama ini dipakai pada lebih dari setengah produknya, mulai dari biskuit sampai sabun.

Iceland menyatakan peningkatan permintaan akan minyak tersebut sangat merusak hutan tropis Asia Tenggara.

Spesialis makanan beku ini menyatakan kesadaran akan tantangan lingkungan minyak kelapa sawit muncul karena adanya aksi dari para pegiat lingkungan Greenpeace.

Larangan hanya berlaku bagi barang-barang dengan Iceland, yang berarti produk yang dijual pengecer lain di jaringan pertokoannya mungkin saja tetap mengandung sawit.

Direktur Iceland, Richard Walker, menegaskan `tidak ada minyak kelapa sawit yang berkesinambungan`.

"Minyak kelapa sawit bersertifikat saat ini tidak membatasi deforestasi dan tidak membatasi perkebunan minyak kelapa sawit," katanya kepada BBC. "Jadi selama belum ada minyak kelapa sawit yang benar-benar berkesinambungan, yang sama sekali bukan dari deforestasi, kami mengatakan tidak kepada minyak kelapa sawit."