RI Kecam Serangan Senjata AS dan Sekutu ke Suriah 

Kemenangan pasukan Suriah saat bebaskan Raqqa dari ISIS.
Sumber :
  • REUTERS/Erik De Castro

VIVA – Pemerintah Indonesia sangat prihatin dengan perkembangan serangan udara yang diluncurkan oleh pasukan Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis ke negara Suriah. 

Ledakan Terdengar di Irak hingga Suriah Imbas Serangan Israel ke Iran

"Minggu lalu, Indonesia menyampaikan kecaman keras penggunaan senjata kimia di Suriah oleh pihak mana pun," kata Arrmanatha Nasir, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, 14 April 2018. 

Ia mengimbau, agar semua pihak menahan diri dan mencegah terjadinya eskalasi situasi di Suriah. Serta, Indonesia menegaskan kepada semua pihak untuk menghormati nilai dan hukum internasional, khususnya piagam Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengenai keamanan dan perdamaian internasional. 

Iran Ancam Yordania Jadi Target Berikutnya Jika Bantu Israel

"Indonesia juga meminta semua pihak untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat sipil, terutama wanita dan anak-anak harus selalu merupakan prioritas," katanya. 

Kemudian, kata Arrmanatha, Indonesia kembali menekankan pentingnya penyelesaian konflik di Suriah secara komprehensif melalui negosiasi dan cara-cara damai.

Serangan Balasan Iran kepada Israel Berkaitan dengan Kedaulatan Negara, Menurut Pakar
Presiden Iran Ebrahim Raisi dan komandan militernya

Daftar Negara Sekutu Iran yang Siap Bantu Jika Perang Terjadi, Ada China hingga Rusia

Akhir pekan lalu Iran melayangkan serangan balasan terhadap Israel usai menyerang konsulat Iran di Suriah. Kini, ada beberapa negara yang menjadi sekutu Iran jika perang.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024