Logo BBC

Putin: Serangan Udara ke Suriah Bikin Kacau Dunia

Ghouta Timur, Suriah
Ghouta Timur, Suriah
Sumber :
  • bbc

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan jika negara-negara Barat terus melancarkan serangan udara ke Suriah maka dunia akan kacau.

Pernyataan itu dikeluarkan Presiden Putin ketika melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Presiden Iran Hassan Rouhani, Minggu (15/04).

"Vladimir Putin secara khusus menekankan bahwa jika serangan-serangan yang melanggar Piagam PBB itu diteruskan, maka pada akhirnya akan menimbulkan kekacauan dalam hubungan internasional," demikian pernyataan Kremlin.

Pemimpin Rusia dan Iran berkomunikasi setelah Amerika Serikat, Inggris dan Prancis melancarkan serangan rudal ke Suriah, Sabtu (14/04) menyusul dugaan bahwa Suriah -yang didukung Rusia- melakukan serangan kimia terhadap wilayah yang dikendalikan kelompok pemberontak.

Inspektur senjata ke lokasi

Dalam pembicaraan telepon, Presiden Putin dan Presiden Rouhani, dua sekutu penting bagi pemerintah Suriah, sepakat bahwa serangan gabungan tiga negara terhadap Suriah sudah merusak peluang untuk mencapai resolusi politik di negara itu.

Suriah dan Rusia menegaskan tidak ada serangan kimia pada tanggal 7 April lalu sebagaimana dituduhkan. Menurut mereka, serangan kimia yang disebut dilakukan di Douma, Ghouta Timur, dekat dengan ibu kota Damaskus, dibuat-buat.