Logo BBC

Israel Berusia 70 tahun, Berikut 7 Peristiwa Terpenting

PM Israel Yitzhak Rabin dan Pemimpin Palestina Yasser Arafat serta Presiden AS Bill Clinton gelar pertemuan damai pada 1993 - AFP
PM Israel Yitzhak Rabin dan Pemimpin Palestina Yasser Arafat serta Presiden AS Bill Clinton gelar pertemuan damai pada 1993 - AFP
Sumber :
  • bbc

Tujuh peristiwa penting yang mewarnai perjalanan sejarah negara Israel pada ulang tahunnya ke-70. Negara Israel memasuki usianya yang ke-70 tahun, sesuai kalender Ibrani, semenjak negara itu dipoklamasikan.

Tetapi dalam kalender Gregorian, negara itu didirikan pada 14 Mei 1948, yang merupakan peristiwa paling penting bagi Israel dan dirayakan oleh orang-orang Yahudi di seluruh dunia.

Momen bersejarah ini terjadi tiga tahun setelah tragedi Holokos namun tidak lama kemudian, pendirian negara Israel ini ditolak oleh negara-negara Arab yang menjadi tetangganya.

Yang terjadi kemudian, lima angkatan perang negara Arab menyerang negara yang baru lahir itu.

Ratusan ribu orang-orang Arab Palestina meninggalkan atau diusir dari kampung halamannya dalam peperangan menyusul pendirian negara Israel.

Peristiwa ini sekaligus menjadi awal mula persoalan keberadaan pengungsi orang-orang Palestina yang terus berlanjut hingga sekarang.

Sekitar 600,000 orang Yahudi yang menjadi pengungsi di negara-negara Arab, dan 250,000 orang-orang Yahudi di Eropa yang lolos dari tragedi Holokos, memilih pindah ke di Israel pada tahun-tahun pertama saat negara itu berdiri.