Mengejutkan, Kim Jong-un Siap Setop Uji Coba Nuklir

Presiden AS Donald Trump (kanan) dan Pemimpin Korut Kim Jong-un (kiri)
Sumber :
  • REUTERS/KCNA

VIVA – Kabar mengejutkan muncul dari Korea Utara. Negara tersebut menyatakan akan menyetop uji coba senjata nuklir dan menormalisasi situs-situs uji coba nuklir mereka selama ini. Korut disebutkan akan mengejar pertumbuhan ekonomi. Hal itu disampaikan jelang pertemuan tingkat tinggi antara Korut dan AS yang akan dilangsungkan pada tahun ini.

Teman Sejoli, Kim Jong Un Langsung Beri Selamat ke Putin Usai Unggul di Pemilu Rusia

Dikutip dari laman Reuters, pemimpin Korut Kim Jong-un menyatakan bahwa mereka tak lagi membutuhkan uji coba nuklir lantaran sudah terbukti bisa membuat senjata rudal balistik antarbenua yang disebut bisa menjangkau Amerika Serikat dan belakangan diklaim bisa menyentuh daratan Eropa. Hal tersebut dipaparkannya melalui kantor berita Korea, KCNA.

Diketahui bahwa Kim Jong-un rencananya akan bertemu dengan Presiden Korsel Moon Jae-in pada pekan depan dan akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Mei atau Juni yang akan datang.

Sidak Latihan Pasukan Penerjun Korut, Kim Jong Un Naik Limosin Mewah Pemberian Putin

Pengayaan nuklir dan pembangunan berbagai wadah senjata disebut diinisiasi sejak zaman kakek Kim Jong-un memerintah. Bahkan Kim Jong-un yang masih berusia 34 tahun itu juga sempat mengaminkan dan menggariskan bahwa kekuatan senjata menjadi salah satu kekuatan yang menguatkan legitimasi negara Korut.

Namun para ahli melihat, gelagat dan pernyataan Kim yang ingin menghentikan pengayaan nuklir bukanlah rayuan gombal.

Momen Kim Jong Un Test Drive Tank Tempur Baru

"Uji coba nuklir bawah tanah dan darat Korea Utara akan segera dihentikan dan penggunaannya akan dilakukan dengan transparan," dikutip KCNA

VIVA Militer: Kim Jong-un menyaksikan uji coba rudal balistik Korea Utara

Menlu AS Kunjungi Korea Selatan, Korea Utara Langsung Pamer Tembak Rudal Balistik ke Perbatasan

Korea Utara, di bawah perintah Kim Jong Un meluncurkan beberapa rudal balistik jarak pendek ke perairan timurnya pada hari Senin waktu setempat, di tengah kunjungan Mente

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024