Logo BBC

Tentara AS Sukses Cangkok Penis dan Zakar, Pertama di Dunia

Dr Andrew Lee (kedua dari kiri) rekan-rekannya dari Rumah Sakit Johns Hopkins University Amerika Serikat - Johns Hopkins Medicine
Dr Andrew Lee (kedua dari kiri) rekan-rekannya dari Rumah Sakit Johns Hopkins University Amerika Serikat - Johns Hopkins Medicine
Sumber :
  • bbc

Sebuah tim dokter di Amerika Serikat berhasil melakukan pencangkokan total penis dan kantung zakar pertama di dunia. Para ahli bedah di Universitas Johns Hopkins di Baltimore, Maryland, melakukan operasi itu pada seorang tentara yang terluka oleh bom di Afghanistan.

Mereka menggunakan penis, skrotum dan dinding perut parsial yang ditransplantasikan dari seorang donor yang telah meninggal.

Mereka mengatakan tentara itu akan bisa mendapatkan kembali fungsi seksualnya, yang tidak mungkin terjadi jika yang dilakukan adalah rekonstruksi penis.

Tim yang terdiri dari 11 ahli bedah itu melakukan pencangkokan itu pada 26 Maret lalu selama 14 jam.

Ini adalah operasi pertama pada veteran tempur yang terluka saat bertugas dan pertama pula ihwal pencangkokan jaringan lengkap termasuk skrotum dan daerah abdominal sekitarnya.

Dokter mengatakan testis donor tidak ditransplantasikan, karena pertimbangan etis.

"Amputasi sering terjadi di kalangan veteran perang dan mengakibatkan disabilitas yang jelas," kata Dr WP Andrew Lee, kepala Bedah Plastik dan Rekonstruksi di Universitas Johns Hopkins dalam telebriefing pada hari Senin (23/4). Namun, katanya, "banyak cedera akibat perang cenderung tersembunyi dan dampaknya tidak dianggap berarti oleh orang lain. "