Salah Mengira Kuil sebagai Masjid, Diplomat Inggris Dikecam

Kuil Harmandir Sahib (Golden Temple) di India
Sumber :
  • http://www.mobgenic.com

VIVA – Seorang diplomat top di Inggris meminta maaf setelah keliru mengira salah satu situs paling suci agama Sikhisme sebagai masjid.

Pensiunan Dokter Diduga Tewaskan Ratusan Pasien

Sir Simon McDonald, sekretaris tetap di Kementerian Liar Negeri, mengakui bahwa dia membuat kesalahan ketika merujuk Kuil Emas di Amritsar, India, sebagai 'Masjid Emas'.

Kesalahan itu terjadi lewat akun Twitter. Dalam cuitannya, Sir Simon mengatakan bahwa foto Ratu di 'Masjid Emas' telah diberikan kepada seorang rekannya.

Nonton Konser, Cara Ratu Elizabeth II Rayakan Ultah ke-92

Menyadari kesalahan tersebut, McDonald mengakui bahwa dia seharusnya menuliskan 'Kuil Emas' atau lebih baik 'Sri Harmandir Sahib'.

Kuil Emas atau The Golden Temple yang dibangun pada abad ke-16, sangat sakral bagi penganut Sikh karena dianggap sebagai tempat utama ziarah iman. Cuitan diplomat Inggris tersebut telah membuat marah banyak orang di media sosial, terutama penganut Sikh Inggris.

Inggris dan Rusia Saling Usir Diplomat, Begini Efeknya

"Ini adalah kesalahan besar yang dilakukan oleh pegawai sipil dan sama sekali tidak dapat diterima. Dalam pandangan kami, permintaan maaf secara publik dan mengakui kesalahan tidak cukup," kata Ketua Federasi Sikh, Bhai Amrik Singh, dikutip dari Telegraph.

"Yang kita butuhkan adalah komitmen dari pemerintah Inggris untuk membasmi ketidaktahuan dan diskriminasi semacam itu. Atau kita akan terus menghadapi kebencian, pelecehan dan ancaman kekerasan," ujarnya.

Sterilisasi oleh otoritas setelah ditemukan dua korban racun Novichok di Inggris

Warganya Tewas Akibat Racun Saraf Rusia, PM Inggris Terkejut

Setelah serangan terhadap Skripal dan anaknya.

img_title
VIVA.co.id
9 Juli 2018