Pabrik Kopi di Vietnam Pakai Baterai Bekas Sebagai Campuran

Bubuk kopi
Sumber :

VIVA – Kopi Vietnam adalah salah satu minuman yang harus dicoba saat bepergian ke negara itu. Namun, baru-baru ini seorang produsen kopi Vietnam, terciduk menambahkan 'bahan rahasia' ke dalam bubuk minuman kopi.

Ayah Mirna Klaim Punya Rekaman CCTV Jessica Wongso Tuang Sianida, Tidak Ditampilkan di Sidang

Mengerikan, karena yang ia tambahkan dalam bubuk kopi bukan bahan alami untuk penyedap aroma atau penambah cita rasa. Namun, ia tambahkan bahan kimia berbahaya seperti baterai bekas, debu kotoran, dan batu ke dalam kopi mereka. Perbuatan membahayakan nyawa orang lain ini terjadi di provinsi Dak Nong, Vietnam.

Pabrik yang dimiliki oleh seorang wanita bernama Nguyen Thi Loan itu digeruduk polisi dan inspektur makanan, setelah mendapat informasi dari warga sekitar. Warga mengabarkan, ada sesuatu yang mencurigakan di dalam pabrik tersebut.

Mentan Amran Genjot Produksi Kopi RI, Mau Kalahkan Vietnam

Dikutip dari World of Buzz, saat penggerebekan, 12 ton kopi 'kotor' disita. Termasuk, di antaranya 35 kilogram serbuk hitam yang diekstrasi dari baterai bekas dan ember cairan hitam yang tidak diketahui jenisnya, seberat 10 kilogram.

Setelah diinterogasi oleh pihak berwenang setempat, Loan menolak tuduhan dan mengaku membeli semua biji kopi dari produsen lain dengan harga murah untuk memangkas biaya produksi.

Delapan Cara Lezat Menikmati Es Kopi

Kemudian, biji kopi akan digiling sebelum memasukkan debu dan batu ke dalam campuran. Langkah terakhir adalah pencelupan cairan hitam untuk menipu konsumen.

Dilaporkan bahwa pabrik Loan telah beroperasi selama bertahun-tahun. Untuk tahun ini saja, tiga ton kopi 'kotor' telah dijual ke pasar. Polisi telah mengambil beberapa sampel untuk menjalankan serangkaian tes laboratorium.

Darmawan Salihin, ayah Wayan Mirna Salihin

Terkuak, Ayah Mirna Sebut Hani Ternyata Tidak Mencicipi Kopi Sianida

Ayah Mirna Salihin, Edi Darmawan Salihin kembali mengejutkan publik dengan pengakuannya. Terbaru ini, Edi mengatakan bahwa sahabat Mirna yakni Boon Juwita alias Hani.

img_title
VIVA.co.id
10 Oktober 2023