Video Detik-detik Kaki Kiri Kim Jong Un Injak Tanah Korsel

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae In melangkah ke wilayah Korsel.
Sumber :
  • Repro Instagram

VIVA – Hari ini sebuah peristiwa bersejarah tercipta di garis paling keramat dunia, yakni di perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan.

8 Aturan Aneh yang Harus Dituruti Istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju

Garis keramat itu disebut dengan zona demiliterisasi alias DMZ. Yakni sebuah garis batas dua negara yang terbebas dari aktivitas militer dan diakui secara de facto oleh dunia internasional. DMZ Korea Selatan dan Korea Utara berada di wilayah Panmunjom.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Pemimpin Korea Utara, Kom Jong Un, menyeberangi DMZ untuk masuk ke wilayah Korea Selatan.

Korut Rayakan Ulang Tahun ke-80 Kim Jong Il Tanpa Parade Militer

Kim menyeberangi garis itu sambil berpegangan tangan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In. Momen bersejarah ini diabadikan berbagai media dunia.

Sebelum menyeberangi DMZ, terlihat Kim datang menghampiri Moon yang sudah menunggu di belakang DMZ. Lalu, keduanya saling bertatapan dan berjabat tangan, lalu berbincang singkat.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Tak lama kemudian, sekira pukul 09.30 waktu setempat, Jumat, 27 April 2018, dengan penuh hormat Moon, mengajak Kim untuk melangkahi DMZ untuk masuk ke wilayah Korea Selatan.

Garis DMZ yang diseberangi Kim memang tidak lah besar, hanya selebar 20 centimeter saja. Dan, kaki kiri Kim merupakan kaki pimpinan Korut pertama menginjak tanah Korea Selatan sejak Perang Korea 1950-1953.

Lalu setelah itu, giliran Kim yang mengajak Moon masuk menginjakkan kaki ke bumi Korea Selatan. Di dalam wilayah Korut, keduanya kembali berbincang dan selanjutnya keduanya masuk lagi ke wilayah Korea Selatan.

Lihat video detik-detik Kim seberangi DMZ berikut ini:

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya