Berani Tekan Donald Trump, Mueller Sosok yang Disegani

Robert Mueller
Sumber :
  • REUTERS/Yuri Gripas/File Photo

VIVA – Utusan Khusus dan Ketua Tim Investigasi kasus skandal Trump dengan Rusia, Robert Mueller mengancam dengan keras bahwa dia akan menggugat Presiden Amerika Serikat Donald Trump apabila Trump tak juga mau memberikan keterangan secara langsung di hadapan maha juri mengenai kasus Trump yang sedang diselidiki tersebut.

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Dilansir The Washington Post, ancaman itu disampaikan Mueller dalam pertemuannya dengan tim pengacara Donald Trump beberapa waktu lalu. Diduga, bahwa baru ini kali pertama seorang Utusan Khusus berani mengancam Donald Trump dalam posisi sebagai Presiden AS.

Dalam pertemuan tersebut dilaporkan bahwa tim hukum Trump tetap bersikukuh bahwa Donald Trump dalam posisinya sebagai Presiden AS tak wajib memberikan keterangan dan hadir di sidang khusus maupun majelis apa pun. Pengacara Trump, John Dowd yang belakangan diketahui sudah tak lagi dalam tim juga mengatakan bahwa pada pertemuan itu Mueller bersikeras bahwa Trump harus menjawab secara langsung berbagai pertanyaan yang ingin mereka gali.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Pada saat itu, Dowd disebut mengatakan ,"Anda kalau begitu sedang mengusik tugas berat dan pekerjaan seorang Presiden AS."

Dikutip dari laman BBC, pada Senin kemarin, Donald Trump justru mengkritik soal bocornya daftar pertanyaan yang ditujukan kepadanya malah "singgah" di New York Times. Disebut ada sekitar 40 isi daftar pertanyaan tersebut.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

"Sungguh sulit memang membawa-bawa nama hukum untuk suatu kejahatan yang tak pernah ada," kata Trump melalui cuitannya di Twitter.

Selain menyangkut dugaan relasi Trump dengan Rusia demi pemenangannya di Pemilu 2016, Mueller disebut akan membidik Trump dengan sejumlah pertanyaan mengenai Trump yang langsung memecat mantan Direktur FBI James Comey tahun lalu dan mencopot Jaksa Agung Jeff Sessions tanpa alasan yang jelas dan mekanisme yang benar.

Hingga saat ini Trump dan tim pengacaranya masih berketetapan mengacuhkan gertakan Robert Mueller yang tak lain adalah eks Direktur FBI tersebut. Mueller sendiri pernah menjadi Jaksa Agung dan berkarier dalam bidang militer dan intelijen. Sosoknya dikenal pemberani dan disegani banyak orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya