Pemerintah Korsel Berterimakasih pada RI soal Perdamaian

Menlu Retno Marsudi dan Wamenlu Korsel Lim Sung-nam
Sumber :
  • VIVA/Dinia Adrianjara

VIVA – Pemerintah Korea Selatan menyampaikan terima kasih atas dukungan Indonesia selama ini dalam proses perdamaian di semenanjung Korea. Hal ini disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Lim Sung-nam saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

RI Bicara Tegas di OKI Minta Tanggung Jawab Bantu Rakyat Afghanistan

"Korea Selatan menyampaikan terima kasih atas dukungan Indonesia terkait proses perdamaian di semenanjung Korea. Minggu lalu saya juga menerima telepon dari Menlu Korsel sebelum KTT Antar-Korea yang intinya juga menyampaikan terima kasih," kata Retno di Gedung Pancasila, Jakarta Pusat, 2 Mei 2018.

Pada pertemuan tersebut, Lim menyampaikan bahwa masa depan perdamaian antar-Korea cukup optimistis mengingat akan adanya personal trust antara pemimpin dua negara. Optimisme itu juga muncul karena dinilai ada ketulusan dari pemimpin Korut Kim Jong-un maupun Presiden Korsel Moon Jae-in untuk melanjutkan proses perdamaian tersebut.

Menlu Retno Sebut Indonesia Ingin Afghanistan Jadi Negara Damai

"Pertemuan antara pemimpin Korea pekan lalu berlangsung selama tujuh jam berbicara dalam bahasa yang sama, membahas masalah situasi di Semenanjung. Ini pondasi yang baik untuk menciptakan kawasan yang stabil, damai dan bebas nuklir," ujar Retno.

Seperti diketahui dalam pertemuan bersejarah Jumat pekan lalu, Kim dan Moon mengatakan akan mengambil langkah-langkah untuk mengakhiri Perang Korea 1950-1953 secara resmi yang sebelumnya hanya berakhir dengan gencatan senjata.

Alasan Evakuasi WNI di Afghanistan Pakai Pesawat TNI AU

Korea Utara juga sepakat untuk mengakhiri program rudal dan nuklirnya yang beberapa waktu terakhir yang menimbulkan ketegangan di kawasan semenanjung Korea dan sekitarnya.
 

Menlu Negeri Retno Marsudi saat menyampaikan sambutan di Kongres Indonesianis

ASPINA Belanda Diluncurkan, Bagaimana Prospeknya bagi Ekonomi RI

Apresiasi disampaikan Menlu Retno dalam acara peluncuran ASPINA Belanda yang berlangsung secara fisik dan daring dari KBRI Den Haag pada Kamis kemarin. Lalu?

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2022