Trump Minta Penarikan Sebagian Pasukan AS dari Korsel

Rakyat Korea Utara Peringati 6 Tahun Kematian Kim Jong Il.
Sumber :
  • REUTERS/KCNA

VIVA – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump telah memerintahkan kepada Pentagon untuk menyiapkan opsi pengurangan jumlah pasukan AS yang kini berada di Korea Selatan.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Namun, mengurangi jumlah pasukan AS tidak dimaksudkan untuk menjadi posisi tawar dalam pertemuan yang direncanakan akan dilangsungkan Donald Trump dengan Kim Jong-un pada akhir Mei 2018, maupun awal Juni 2018 mendatang.

Para pejabat mengatakan, perjanjian damai antar-Korea dapat mengurangi kebutuhan atas 23.500 tentara AS yang saat ini ditempatkan di semenanjung Korea sebagaimana dilansir Reuters.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Gedung Putih dan Pentagon belum memberikan komentarnya terkait kabar ini. Namun Trump menegaskan Amerika harus mempertimbangkan opsi mengurangi jumlah pasukan di Korsel. Jika tidak, maka Korsel harus menanggung banyak biaya untuk hal tersebut.

Sementara itu,mantan Direktur CIA yang kini menjabat sebagai Menteri Luar Negeri AS saat berkunjung ke Korea Utara bulan lalu, melaporkan bahwa pemimpin Korut Kim Jong-un tidak menuntut penarikan semua pasukan AS sebagai prasyarat untuk diadakannya pertemuan puncak dengan Trump.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Sedangkan pihak Korsel, dalam sebuah pernyataan menyatakan, keberadaan pasukan AS di Korsel tidak terkait dengan perjanjian damai pada masa depan dengan Korut. Karena itu, pasukan AS harus dinilai perlu tetap ada di sana  meski perjanjian damai sudah ditandatangani.

Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Delegasi negara Republik Korea Utara yang dipimpin oleh menteri kabinet perdagangan internasional, melakukan kunjungan negara ke Iran, kata media resmi pemerintah Korut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024