Logo BBC

Korea Utara: Provokasi Amerika Ancam Perdamaian

Kim Jong-un dijadwalkan bertemu dengan Dobald Trump dalam waktu dekat. - BBC
Kim Jong-un dijadwalkan bertemu dengan Dobald Trump dalam waktu dekat. - BBC
Sumber :
  • bbc

Korea Utara menuding Amerika Serikat terus menggunakan "ancaman dan tekanan militer" terhadap mereka. Padahal kedua negara justru sedang bersiap melangsungkan KTT Korut-AS yang bersejarah.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Korut mengatakan AS sengaja memprovokasi Korea Utara dengan menyatakan tidak akan mencabut sanksi sampai negeri itu menghentikan program senjata nuklir.

Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dijadwalkan bertemu dalam waktu dekat. Ini akan menjadi pertemuan pertama antara seorang pemimpin AS dan seorang pemimpin Korut.

Sebelumnya, terjadi pertemuan bersejarah antara pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Keduanya menyepakati upaya melakukan denuklirisasi kawasan itu.

Dikutip oleh kantor berita , seorang pejabat Korea Utara mengatakan bahwa Washington "menyesatkan opini publik" dengan mengatakan bahwa tekad denuklirisasi yang disepakati di Panmunjeom bulan lalu merupakan hasil dari sikap keras AS dengan sanksi dan tekanan lainnya.

AS juga merusak suasana baik saat ini dengan mengerahkan mesin-mesin militer mereka ke semenanjung Korea, tambah pejabat itu.

"AS sengaja memprovokasi (Korea Utara) pada saat situasi di semenanjung Korea sedang bergerak menuju perdamaian dan rekonsiliasi berkat pertemuan bersejarah utara-selatan dan Deklarasi Panmunjeom," kata pernyataan itu.