Menyentuh Ratu Elizabeth Ibarat 'Dosa Besar' di Inggris

Keluarga Kerajaan Inggris Gelar Pesta Taman di Istana Buckingham
Sumber :
  • REUTERS/John Stillwell/Pool

VIVA – Tindakan menyentuh Ratu Elizabeth dianggap sebagai hal tabu, apabila terjadi di lingkungan Kerajaan Inggris. Meski tak ada aturan tertulis, namun sikap ini menjadi salah satu perilaku penting yang harus dihindari bila menyangkut keluarga kerajaan.

Pulau Ini Menjadi Tempat Berlibur Favorit Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Anak-anaknya

Diketahui, pada 19 Mei 2018 mendatang, ketika aktris Amerika, Meghan Markle berjalan menyusuri Kapel St George di Kastil Windsor untuk menikahi cucu Ratu, Pangeran Harry, dia juga harus belajar dan menguasai banyak peraturan protokol di Kerajaan Inggris.

Lucy Hume, Associate Director di Debrett's, perusahaan pelatihan tata cara perilaku profesional yang didirikan pada 1769 menjelaskan soal tata cara anggota masyarakat harus bersikap jika bertemu dengan anggota keluarga kerajaan Inggris seperti dilansir Reuters sebagai berikut:

Kate Middleton Umumkan Idap Kanker

1. Apa yang harus dilakukan, jika bertemu dengan anggota keluarga Kerajaan?

Salah satu hal penting yang harus diingat adalah bagaimana menyapa anggota keluarga kerajaan, ketika bertemu mereka untuk pertama kalinya. Wanita harus menunduk singkat saja, sedangkan pria harus membungkuk dari leher.

Akhirnya Kate Middleton Muncul di Depan Publik, Ini Foto Terbarunya

2. Apa yang harus dilakukan, jika bertemu keluarga Kerajaan di acara yang tidak terlalu formal?

Kadang orang bisa bertemu anggota keluarga Kerajaan di resepsi atau acara yang kurang formal. Dalam hal ini, mungkin tepat untuk menjabat tangan mereka. Tapi sebaiknya, menunggu mereka menawarkan tangan untuk berjabat lebih dahulu sebelum mengulurkan tangan Anda.

3. Bagaimana cara menyapa keluarga Kerajaan?

Jika Anda diperkenalkan kepada Ratu, harus memanggilnya sebagai 'Your Majesty', lalu setiap anggota keluarga Kerajaan yang dipanggil dengan sebutan ‘Your Royal Highness’. Maka untuk wanita, harus menyapa dengan sebutan 'Ma'am' dan sebutan 'Sir' untuk pria.

4. Bolehkah saya berswafoto dengan Ratu atau keluarga Kerajaan?

Mafhumnya dianggap tak pantas untuk melakukannya. Jadi, jika ingin mengambil foto, harus meminta izin terlebih dahulu, karena dianggap lebih penting untuk menghormati ruang pribadi orang lain.

5. Bolehkah menempatkan lengan atau tangan di sekitar badan keluarga Kerajaan?

Sebaiknya, jangan memulai kontak fisik pribadi dengan anggota keluarga Kerajaan. Mungkin, ada dari mereka menawarkan untuk memeluk atau merangkul. Namun, biasanya harus menunggu dan melihat bila memang yang diharapkan si keluarga Kerajaan adalah ingin memeluk orang yang ditemui.

6. Apa yang terjadi, jika warga biasa berbuat salah di depan Ratu?

Memang, tidak akan mendapat masalah. Tidak ada aturan hukum resmi yang berlaku. Namun, ada baiknya menyebutkan kata maaf dengan sopan.

7. Apakah keluarga Kerajaan akan bersikap baik kepada orang yang mereka temui, meski penampilannya kacau?

Selama ini diketahui bahwa anggota keluarga Kerajaan sangat terbiasa menghadapi berbagai situasi yang berbeda. Mereka juga bertemu dengan orang-orang yang berasal dari berbagai latar belakang. Karena itu, anggota keluarga Kerajaan tak akan menunjukkan reaksi berlebihan bila menghadapi situasi itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya