Eks Pejabat CIA Membelot, Pasok Informasi Rahasia ke China

Foto Mao Zedong di Tembok Tiananmen, Beijing.
Sumber :
  • REUTERS/Jason Lee

VIVA – Mantan pejabat Central Intelligence Agency (CIA) dituduh mengumpulkan informasi rahasia yang diduga dilakukan untuk pemerintah China.

Anak 8 Tahun Tewas Akibat Penembakan di Mal Alabama AS

Jerry Chun Sing Lee, pria berusia 53 tahun didakwa oleh juri agung federal di Virginia dengan satu tuduhan konspirasi yaitu mengumpulkan atau memberikan informasi pertahanan nasional untuk membantu pemerintah asing. Dia juga didakwa dengan tuduhan membawa dua dokumen secara tidak sah yang terkait dengan pertahanan nasional AS, dilansir Reuters.

Lee yang bekerja untuk CIA pada tahun 1994 hingga 2007 ditangkap Januari  lalu di Bandara Internasional John F. Kennedy di New York. Dia juga tercatat sebagai penduduk Hong Kong.

Amerika Serikat Sita 13 Ton Rambut Impor dari Xinjiang

Menurut keterangan Departemen Kehakiman AS, pada 2010 Lee didekati oleh dua perwira intelijen China yang memberinya penawaran untuk mendapatkan informasi soal AS yang bisa digunakan China.

Sementara itu, petugas berwenang sempat menggeledah kamar hotel Lee pada tahun 2012 selama dia melakukan perjalanan ke Virginia dan Hawaii dan menemukan bahwa ia memiliki informasi yang mencakup nama-nama dan nomor mata-mata CIA yang sebenarnya dan informasi soal karyawan CIA yang sengaja disamarkan lembaga itu.

Update Corona di Dunia: 10,1 Juta Orang Terpapar, 502.998 Meninggal

Jika terbukti bersalah, Lee akan menghadapi hukuman penjara seumur hidup.

Central Intelligence Agency

CIA Kehilangan Banyak Informan di Luar Negeri: Ditangkap dan Dibunuh

Sebuah memo rahasia menyebutkan informasi banyak agen mata-mata CIA di luar negeri ditangkap, dibunuh dan dikompromikan sebagai agenda ganda

img_title
VIVA.co.id
7 Oktober 2021