Logo BBC

Mahathir Mohamad dari Kacamata Media Dunia

Mahathir Mohamad berjanji untuk mengupayakan agar Anwar Ibrahim mendapat pengampunan penuh dari raja sehingga ia dapat terjun langsung ke politik. - MANAN VATSYAYANA/AFP
Mahathir Mohamad berjanji untuk mengupayakan agar Anwar Ibrahim mendapat pengampunan penuh dari raja sehingga ia dapat terjun langsung ke politik. - MANAN VATSYAYANA/AFP
Sumber :
  • bbc

Kemenangan gabungan partai oposisi Malaysia, Pakatan Harapan, yang mengantarkan mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad sebagai perdana menteri lagi menghiasi halaman media cetak maupun situs berita online.

Dari negara tetangga, Indonesia, halaman utama koran berbahasa Inggris The Jakarta Post edisi Jumat (11/05) , misalnya memuat pelantikan Mahathir Mohamad sebagai perdana menteri ketujuh Malaysia.

Pelantikan dilakukan menyusul kemenangan mengejutkan yang diraih kubu oposisi melawan koalisi Barisan Nasional yang sudah memerintah negara itu selama lebih dari enam dekade sejak Malaysia merdeka dari Inggris.

Selain perayaan atas kemenangan, The Jakarta Post juga menyoroti kekhawatiran para pelaku pasar dan ekonom akibat pergantian rezim yang baru pertama kali terjadi di Malaysia. Lebih dari itu, janji-janji kampanye Mahathir antara lain meliputi penghapusan pajak barang dan jasa dan pemberlakuan lagi subdisi bahan bakar dapat mempengaruhi peringkat kredit negara tersebut.

Bursa saham dan pasar keuangan di Malaysia baru akan buka Senin ini (14/05) karena Kamis dan Jumat ini ditetapkan sebagai hari libur nasional sesuai dengan janji Pakatan Harapan jika menang pemilu.

Perbaiki kesalahan

Di ibu kota Inggris, London, The Guardian dalam tajuk rencananya mengatakan bahwa kembalinya seseorang ke panggung politik bukanlah tidak biasa.