Bongkar Lokasi Uji Coba Nuklir, Korut Undang Wartawan Luar

Foto satelit aktivitas di rektor nuklir Yongbyon, Korea Utara.
Sumber :
  • Repro 38 North Org

VIVA – Korea Utara telah menjadwalkan pembongkaran lokasi uji coba nuklir antara tanggal 23 dan 25 Mei 2018, tergantung pada kondisi cuaca. Langkah ini merupakan bentuk pelaksanaan janji Korea Utara dalam hal denuklirisasi.

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Menurut kantor berita Korut, pembongkaran lokasi uji coba nuklir akan dilakukan dengan cara diledakkan, pemblokiran pintu masuk, penghapusan semua fasilitas juga bangunan penelitian dan pos keamanan.

"Nuclear Weapon Institute dan lembaga terkait lainnya, akan mengambil langkah teknis untuk membongkar uji coba nuklir Korea Utara, untuk memastikan penghentian lokasi uji coba nuklir," demikian pernyataan pemerintah Korut, dikutip dari Asia One.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

Pejabat Korea Selatan mengatakan bahwa Korea Utara berencana mengundang para ahli dan wartawan dari Amerika Serikat dan Korsel dalam penutupan tempat uji coba nuklir tersebut.

Menurut Korut, undangan untuk meliput acara tersebut sebagai cara menunjukkan bahwa negaranya transparan mengenai pembongkaran lokasi uji coba nuklir.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

Untuk mengakomodasi jurnalis, Korea Utara juga akan melakukan berbagai tindakan, termasuk membuka ruang udara teritorial.

Semua wartawan internasional akan diberikan penerbangan carter ke Wonsan, kota pelabuhan di Korea Utara bagian timur. Para wartawan akan naik kereta sewaan ke tempat uji coba nuklir di daerah pegunungan pedalaman yang diketahui tak berpenghuni.

VIVA Militer: Asops Panglima TNI cek kesiapan pengiriman bantuan ke Palestina

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Meski 5 negara ini memiliki kekuatan militer yang besar, penting untuk diingat bahwa jumlah tentara aktif hanyalah salah satu aspek dari kekuatan pertahanan suatu negara.

img_title
VIVA.co.id
1 April 2024