Logo ABC

Korea Utara Batalkan Pembicaraan dengan Korea Selatan

A composite image of Kim Jong-un (l) and Donald Trump (r).
A composite image of Kim Jong-un (l) and Donald Trump (r).
Sumber :
  • abc

Korea Utara telah membatalkan pertemuan tingkat tinggi dengan pejabat Korea Selatan yang dijadwalkan hari Rabu (16/5/2018) dan juga mengancam akan menarik diri dari KTT dengan Amerika Serikat karena masih berlanjutnya latihan militer antara Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Kantor berita resmi Korea Utara KCNA menyebut latihan militer AS-Korea Selatan "Max Thunder", yaitu latihan militer pertempuran udara yang disebut akan melibatkan pesawat tempur US dan pesawat pengebom B-52 merupakan "provokasi" yang tidak sejalan dengan menghangatnya hubungan Utara Selatan belakangan ini.

"Latihan itu sasarannya adalah kami, yang dilakukan di Korea Selatan, merupaklan pelanggaran terhadapp Deklarasi Panmunjom dan merupakan provokasi militer yang disengaja untuk menghalangi perkembangan politik positif di Semenanjung Korea." demikian pemberitaan kantor berita Korea Selatan Yonhap mengutip KCNA.

"Amerika Serikat juga harus mempertimbangkan dengan hati-hati mengenai rencana KTT antara Korea Utara-AS, dengan tindakan provokasi yang dilakukan bersama dengan penguasa Korea Selatan."

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan mereka tidak melihat adanya informasi mengenai ancaman bagi pembatalan KKT dan perencanaan mengenai pertemuan terus dilakukan.

"Kim Jon-un sebelumnya sudah mengatakan bahwa dia megerti perlunya Amerika Serikat dan Korea Selatan terus melanjutkan latihan militer." kata juru bicara Deplu AS Heather Nauert tidak lama setelah pengumuman Korea Utara tersebut.

"Kami akan terus maju dan merencanakan pertemuan antara Presiden Trump dan Kim Jong-un."