Logo BBC

Meghan Markle dan Pangeran Harry Menikah, Begini Panduannya

Ratusan juta orang di dunia diperkirakan akan menonton pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. - Alexi Lubomirski
Ratusan juta orang di dunia diperkirakan akan menonton pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle. - Alexi Lubomirski
Sumber :
  • bbc

Ratusan juta mata di seluruh tampaknya akan mengarah ke Inggris pada Sabtu 19 Mei, untuk menyaksikan anggota Keluarga Kerajaan Inggris yang menikahi aktris Amerika Serikat.

Pernikahan bagai dunia dongeng ini memang telah dibayangkan oleh banyak pengamat kerajaan namun masih ada sejumlah pertanyaan yang muncul, yang mungkin tidak terpikirkan oleh seorang warga Inggris sekalipun.

Orang-orang di bagian dunia lain yang tertarik untuk menyaksikannya mungkin akan masih punya sejumlah pertanyaan. Dan panduan berikut mungkin bisa membantu.

Siapa kah sebenarnya kedua mempelai itu ?

Pangeran Harry merupakan cucu laki-laki Ratu Elizabeth II dari pasangan Prince Wales dan almarhum Lady Diana, Princess of Wales. Dia akan menikah dengan bintang Hollywood, Meghan Markle.

Dia berada di urutan ke enam tahta Inggris sementara Meghan menjadi terkenal karena perannya di drama TV, Suits.

Keduanya dikenalkan oleh teman bersama mereka pada tahun 2016 dan Harry menyatakan keseriusannya dalam sebuah acara memanggang ayam pada suatu malam.

Kapan pernikahan itu berlangsung ?

Pangeran Harry dan Meghan Markle rencananya akan menikah pada hari Sabtu, 19 Mei 2018.

Pemberkatan pernikahan berlangsung pukul 12.00 siang hari waktu setempat di Kapel St George, Kastil Windsor, sekitar 40km di arah barat London.

Jadi jika Anda ingin menonton di Jakarta berarti pukul 18.00 WIB sementara di Sydney, Australia, pada pukul 21.00 malam waktu setempat sedang di ibu kota Amerika Serikat, Washington, jam 07.00 pagi.

Namun di Hawaii, orang-orang yang ingin menyaksikan pernikahan itu sudah harus bangun pukul 01.00 subuh.

Bagaimana menyaksikan pernikahan agung ini ?

Siaran TV BBC akan menyiarkan langsung acara pernikahan itu dan Anda juga bisa mendengarkan lewat BBC World Service Radio.

Adapun BBC News Indonesia akan melaporkannya dengan halaman `Live` yang melaporkan perkembangan aktual secara terus-menerus dari waktu ke waktu.

Wartawan BBC News Indonesia, Liston P Siregar -yang juga meliput perkawinan Pangeran William dan Kate Middleton tahun 2011 lalu- akan membantu peliputan khusus tersebut dari salah satu tempat yang disediakan untuk para wartawan, tak jauh dari Kastil Windsor.

Anda tentu juga bisa mengikuti perkembangannya lewat Halaman Facebook, Twitter, dan Instagram BBC News Indonesia.

Sedangkan jika Anda berada di Inggris namun tidak datang langsung ke Windsor, jangan khawatir karena boleh dikata semua media akan meliputnya secara langsung.


Pengantin baru akan menaiki kereta yang akan membawa mereka kirab di jalan-jalan di Windsor. - Reuters

Seperti apa prosesi pernikahan kerajaan?