Logo ABC

Australia Proses Cepat Permohonan Suaka Atlet Asing

Atlet Commonwealth Games dari Kamerun adalah di antara puluhan atlet asing yang diperkirakan tetap tinggal di Australia.
Atlet Commonwealth Games dari Kamerun adalah di antara puluhan atlet asing yang diperkirakan tetap tinggal di Australia.
Sumber :
  • abc

Otoritas imigrasi Australia melakukan "pelacakan-cepat " terhadap permohonan suaka sejumlah atlet asal Afrika yang "menghilang" usai mengikuti Pesta Olahraga Persemakmuran di Australia.

Hal itu disampaikan David Manne, direktur firma hukum yang menangani pengungsi di Melbourne. Dia mengaku menangani banyak kasus yang secara nasional mencapai 100 pengungsi.

Para atlet yang menghilang dari perkampungan atlet Commonwealth Games di Gold Coast bulan lalu, berasal dari sejumlah tim nasional Afrika. Pada hari Selasa (15/5/2018) mereka mengajukan permohonan suaka.

David Manne mengatakan sebagian di antaranya telah menerima panggilan dari Depdagri yang membawahi imigrasi. Penanganan mereka terbilang sangat cepat dibanding kasus lainnya.

"Tampaknya mereka dilacak dengan cepat, klaim mereka ditangani dengan sangat cepat," katanya kepada ABC.

"Sebenarnya bukan hal buruk karena itulah yang kita harapkan. Klien kami mengharapkan proses yang adil, tetapi juga efisien dan cepat."

"Kami mewakili ribuan orang yang mencari suaka. Terkadang harus menunggu dua tahun untuk mendapatkan kesempatan wawancara setelah mengajukan permohonan."