Rombongan Wartawan Media Barat Transit di China Mau ke Korut

Rudal Korea Utara yang diluncurkan dan terbang di langit Jepang
Sumber :
  • KCNA/via REUTERS

VIVA – Sekelompok wartawan dari kantor berita media Barat dan China berangkat ke Korea Utara hari ini pada waktu setempat untuk menyaksikan penutupan tempat uji coba nuklir di negara tersebut.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Dilansir Reuters, Pyongyang mengundang beberapa perwakilan media internasional untuk menyaksikan pembongkaran situs Punggye-ri yang rencananya dilakukan antara 23 Mei dan 25 Mei 2018.

Beberapa jurnalis dari media Associated Press, CNN, CBS, Russia Today, dan outlet media pemerintah China termasuk di antara mereka yang terlihat sedang check in di bandara internasional di Beijing untuk kemudian terbang dengan Air Koryo pukul 09.00 waktu setempat.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Namun, hal ini mengundang tanda tanya, sebab Korea Utara disebut tidak mengundang ahli teknis yang mengerti perihal pembongkaran situs nuklir tersebut.

Tawaran Korea Utara untuk membongkar lokasi uji coba nuklir itu dianggap sebagai sebuah konsesi kunci dalam beberapa bulan terakhir, untuk mengurangi ketegangan antara Pyongyang dan rival-rivalnya sejak lama yakni dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un
Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Delegasi negara Republik Korea Utara yang dipimpin oleh menteri kabinet perdagangan internasional, melakukan kunjungan negara ke Iran, kata media resmi pemerintah Korut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024