Logo BBC

Pemanggilan Najib atas Dugaan Korupsi, Awal Masalah Besar

 - Reuters
- Reuters
Sumber :
  • bbc

Pada Selasa (22/05) mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak, dipanggil Suruhanjaya Pencegahan Rasuah Malaysia (SPRM) yang merupakan lembaga sejenis KPK di Indonesia, guna dimintai keterangan terkait dana sebesar 2,6 miliar Ringgit atau Rp9,2 triliun.

Ini adalah untuk pertama kali di Malaysia seorang mantan perdana menteri dipanggil SPRM.

"Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib dipanggil ke SPRM untuk memberikan keterangan dan ada tuduhan dan sebagainya karena ini maklumat-maklumat itu harus diperolehi dulu oleh SPRM untuk memastikan beberapa maklumat berkaitan dengan tuduhan itu dapat diperolehi dengen terperinci, " kata Prof Dato Dr Mohammad Redzuan Othman, Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Malaya.

Pada 2015, sebenarnya SPRM sudah pernah mendesak pemecatan Najib terkait dana di rekening pribadinya yang dia klaim sebagai sumbangan dari Pangeran Arab Saudi.

Sejumlah pihak mempertanyakan peruntukan dana ini karena jika ditujukan kepada UMNO seharusnya partai mengetahuinya. Kelompok lain memandang dana ini diberikan karena Najib menentang partai etnik Cina, Democratic Action Party atau DAP, dan memperjuangkan Islam.

Sementara sebagian lainnya menduga uang ini ada kaitannya dengan 1MDB (1Malaysia Development Berhard) yang dibentuk Najib Razak pada 2009 untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Malaysia.

Najib, keluarganya, dan kroni-kroninya diduga telah menyalahgunakan dana di badan ini.