Logo ABC

Nasib Miris Sutradara Australia Dipenjarakan Kamboja

James Ricketson telah mendekam dalam penjara di Kamboja sejak Juni 2017 atas tuduhan mata-mata.
James Ricketson telah mendekam dalam penjara di Kamboja sejak Juni 2017 atas tuduhan mata-mata.
Sumber :
  • abc

Mantan Perdana Menteri Australia Tony Abbott bertemu dengan pendukung James Ricketson, sutradara Australia yang ditahan di Kamboja atas tuduhan mata-mata dan menyerukan pembebasannya.

Abbott bertemu dengan warga bernama Roxanne Holmes, yang tinggal di daerah pemilihannya dan diadopsi oleh James Ricketson, beberapa dekade yang lalu.

Politisi Partai Liberal yang kini tidak masuk dalam kabinet ini turut memberikan pesan dukungan bagi petisi online Holmes, yang sejauh ini mengumpulkan lebih dari 74.000 tanda tangan.

"James Ricketson seharusnya tidak dipenjara hanya karena menerbangkan drone fotografi dalam pertemuan politik di Kamboja dan dia seharusnya tidak ditahan selama 12 bulan tanpa tuduhan," tulis Abbott dalam petisi change.org.

"Pemerintah Australia harus tegas menunjukkan kepada pemerintah Kamboja bahwa sudah lewat waktunya untuk membebaskan dia dengan alasan kemanusiaan dan diizinkan kembali ke Australia."

Anggota parlemen Tony Abbott bertemuu dengan anak perempuan James Ricketson Anggota parlemen Tony Abbott bertemu dengan anak perempuan James Ricketson, Roxanne Holmes (kiri) dan saudaranya Lee Holmes (kanan).

Supplied: Lee Holmes