Logo ABC

Pencarian MH370 Akan Dihentikan Pekan Depan

Pencarian MH370 yang hilang telah menelan biaya jutaan dolar.
Pencarian MH370 yang hilang telah menelan biaya jutaan dolar.
Sumber :
  • abc

Menteri Transportasi Malaysia mengatakan pencarian pesawat MH370 milik Maskapai Malaysia Airlines oleh perusahaan swasta AS akan berakhir Selasa depan dan tidak akan ada perpanjangan lagi.

"Ocean Infinity" yang berbasis di Houston telah mencari pesawat MH370, yang menghilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada 8 Maret 2014. Pesawat tersebut mengangkut 239 orang penumpang di dalamnya dan menjadi salah satu misteri penerbangan terbesar di dunia.

"Pagi ini saya mengangkat isu ini di kabinet dan setuju untuk memperpanjang sampai 29 Mei," kata Menteri Transportasi Malaysia yang baru, Anthony Loke Siew Fook.

Saat ditanya apakah artinya tidak ada lagi perpanjangan, ia berkata: "Ya."

Bulan Januari lalu, Malaysia telah setuju untuk membayar "Ocean Infinity" hingga $9,3 juta, sekitar Rp 93 miliar, jika berhasil menemukan pesawat tersebut selama pencarian 90 hari di selatan Samudera Hindia.

External Link: MH370's known flight path, the search area, and where debris has washed up

Pencarian pesawat Boeing 777 sebelumnya diperkirakan akan berakhir pada bulan Juni, karena perjanjian 90-hari tidak mencakup waktu yang dibutuhkan untuk mengisi bahan bakar dan memasok kapal pencari "Seabed Constructor".