Dewan Keamanan PBB Cabut Larangan Perjalanan Pejabat Korut

Rakyat Korea Utara Peringati 6 Tahun Kematian Kim Jong Il
Sumber :
  • REUTERS/KCNA

VIVA – Komite di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa atau PBB sepakat untuk mencabut larangan perjalanan bagi pejabat Korea Utara yang akan berangkat ke Singapura dalam rangka pertemuan antara Donald Trump dengan Kim Jong-un pada Juni mendatang.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Pekan lalu, Singapura telah meminta komite sanksi untuk memberikan pengecualian terhadap delegasi Korea Utara yang menghadiri pertemuan tingkat tinggi tanggal 12 Juni 2018 nanti karena harus mengambil bagian dalam persiapan pertemuan.

"Pertemuan ini berpeluang untuk memajukan tujuan resolusi damai masalah nuklir Korea Utara serta pembentukan perdamaian dan stabilitas di semenanjung Korea dan kawasan tersebut," kata Duta Besar PBB di Singapura, Burhan Gafoor.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

Daftar hitam sanksi PBB untuk Korea Utara berisi nama 80 individu dan 75 entitas yang harus tunduk pada larangan perjalanan global termasuk pembekuan aset. 

Diberitakan Channel News Asia, permintaan pembebasan larangan perjalanan global itu telah disetujui kemarin setelah tidak ada anggota Dewan Keamanan yang mengajukan keberatan.

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Seperti diketahui, Dewan Keamanan PBB telah memberlakukan sanksi tegas terhadap Korea Utara akibat program nuklirnya termasuk adanya pelarangan perdagangan komoditas dan pembatasan pengiriman minyak untuk mencegah pengembangan rudal dan senjata nuklir Pyongyang.

Ilustrasi agama di dunia

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Ateisme secara umum merujuk pada ketidakpercayaan terhadap keberadaan Tuhan, dan seseorang yang menganut pandangan ini disebut sebagai ateis. Di Indonesia, hal itu tabu

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024