Logo BBC

PM India Kunjungi RI Sekalian Mau Beli Senjata Pindad

Indonesia menjadi tujuan pertama PM Modi dalam lawatan ke Asia Tenggara, yang akan disusul dengan lawatan ke Singapura dan Malaysia. - EPA
Indonesia menjadi tujuan pertama PM Modi dalam lawatan ke Asia Tenggara, yang akan disusul dengan lawatan ke Singapura dan Malaysia. - EPA
Sumber :
  • bbc

Perdana Menteri India, Narendra Modi, sudah memulai lawatan pertamanya ke Indonesia selama tiga hari yang akan dilanjutkan ke Singapura dan Malaysia.

Di Indonesia, Modi akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo, masyarakat India, serta kalangan dunia usaha.

Salah satu Nota Kesepahaman (MOU) yang rencananya akan ditandatangani adalah kerjasama pertahanan, di antaranya terkait dengan meriam air buatan Pindad dan Tata Motors.

"Yang menarik, dalam hubungan kita dengan India, kita bisa melakukan . Misalnya, untuk industri strategis. Contohnya antara PT Pindad dan Tata Motors yang akan dipamerkan saat PM Modi berkunjung," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, sehari sebelum lawatan yang dimulai Selasa (29/05).

Saat ini India memang dipandang sebagai salah satu negara yang maju dalam hal teknologi persenjataan seperti baja, teknologi informasi, dan nuklir.

"Jadi ada kerjasama-kerjasama yang sifatnya berkaitan dengan teknologi. Selain ada kemungkinan penjualan sebagian produk dari Indonesia, juga akan dicoba dipakai oleh India," jelas Riefqi Muna, peneliti kebijakan luar negeri dan keamanan dari LIPI.


Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Narendra Modi pada KTT ASEAN India bulan Januari 2018. - AFP