Wartawan Pengkritik Presiden Putin Dibunuh dengan Kejam

Wartawan Arkady Babchenko dibunuh
Sumber :
  • Facebook/Arkady Babchenko

VIVA – Jurnalis Rusia yang diketahui kerap mengkritik Presiden Rusia. Vladimir Putin ditemukan tertembak di apartemennya di Ukraina. Polisi mengatakan bahwa Arkady Babchenko memang menjadi target, karena karya dan tulisannya selama ini.

Sumber AS Sebut China Bakal Bantu Militer Rusia dalam Perang Ukraina

Dia ditemukan berlumuran darah oleh istrinya di gedung apartemen mereka. Diidentifikasi bahwa Babchenko ditembak di bagian punggung hingga tiga kali. Sang istri, kemudian menelepon saluran darurat dan Babchenko dilarikan ke rumah sakit. Namun, sayangnya dia meninggal dunia dalam perjalanan.

Kepala Polisi Kiev, Andriy Krischenko mengatakan bahwa kegiatan profesional Babchenko yang menjadi alasan dia dibunuh.

Perkembangan Perang Ukraina-Rusia, Perundingan Damai Berlangsung Panas

Dilansir laman Metro, Anggota Parlemen Ukraina Anton Geraschenko mengatakan bahwa pembunuhnya sengaja menunggu di dalam gedung hingga mendapatkan waktu yang tepat menembus Babchenko dengan timah panas.

Diketahui bahwa Babchenko selama ini sangat gencar mengkritik Vladimir Putin. Dia meninggalkan Rusia pada 2017, akibat kekhawatiran atas sejumlah ancaman pembunuhan dan potensi dipenjarakan tanpa dasar hukum. Namun, selama di Ukraina, Babchenko tetap menjadi jurnalis yang kritis.

Kabur dari Perang, Tentara Rusia Bakal Dibunuh Pasukan Khusus Putin

"Arkady Babchenko dibunuh dengan tiga kali tembakan di punggungnya saat dia kembali ke gedung apartemennya sehabis dari toko," dituliskan kolega jurnalisnya di laman Facebook, Osman Pashayev.

Ekspor-Impor

BPS Ungkap Dampak Perang Rusia-Ukraina bagi Neraca Perdagangan RI

Secara keseluruhan, share ekspor maupun impor antara Indonesia dengan Rusia-Ukraina sebenarnya memang tidak terlalu besar.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022