Logo ABC

Commonwealth Bank Australia Setuju Bayar Denda Besar

Ini adalah denda terbesar yang disetujui dalam sejarah bisnis di Australia
Ini adalah denda terbesar yang disetujui dalam sejarah bisnis di Australia
Sumber :
  • abc

Salah satu bank terbesar di Australia Commonwealth Bank (CBA) setuju untuk membayar denda sebesar $ 700 juta dalam masalah pelanggaran undang-undang anti pencucian hutang dan pendanaan kontra terorisme.

Badan intelejen keuangan Australia AUSTRAC sebelumnya menuduh bank tersebut melakukan pelanggaran serius tahun lalu.

Sebagai bagian dari penyelesaian masalah ini, CBA mengakui bahwa pihaknya terlambat melaporkan adanya transaksi keuangan sebanyak 53. 506 yang melibatkan dana di atas $ 10 ribu yang menggunakan sistem IDM (intelligent deposit machines) yaitu mesin deposit pintar.

Juga selama tiga tahun, bank tersebut mengakui tidak mengikuti peraturan mengenai hukum anti pencucian hutang dan pendanaan kontra terorisme dengan tidak memonitor transaksi 778.370 akuin.

Bank tersebut juga mengakui bahwa laporan mengenai 149 transaksi yang mencurigakan dilaporkan terlambat atau tidak dilaporkan sama sekali.

Bila pengadilan menyetujui hukuman denda terhadap CBA ini akan merupakan hukuman sipil terbesar yang terjadi dalam sejarah bisnis di Australia.

Denda terbesar sebelumnya atas pelanggaran berkenaan dengan pencucian utang adalah denda $AUD 45 juta yang dibayar oleh perusahaan Tabcorp yang bergerak di bidang perjudian dan taruhan, karena tidak melaporkan 84 transaksi mencurigakan.