AS Siap Imbangi Dominasi Tiongkok di Laut China Selatan

Kapal induk AS USS Ronald Reagan
Sumber :
  • Reuters/US Navy/Mass Communication Specialist 3rd Class Dylan McCord/Handout

VIVA – Amerika Serikat tengah mempertimbangkan untuk mengintensifkan patroli Angkatan Laut di Laut China Selatan dalam upaya untuk menantang dominasi militerisasi China yang dianggap semakin meningkat.

Patroli Laut China Selatan, Australia Bangun Armada Drone

Menurut pejabat AS, Pentagon sedang menimbang program yang lebih tegas dari sekadar operasi kebebasan navigasi. Kendati demikian para pejabat masih menolak mengatakan soal seberapa pasti mereka akan mengeluarkan keputusan untuk mengimbangi dominasi China.

Langkah-langkah tersebut akan melibatkan patroli yang lebih panjang, melibatkan jumlah kapal yang berjumlah lebih besar dan operasi yang melibatkan pengawasan ketat atas fasilitas China di perairan tersebut.

Siasati Perang Dagang AS-China, Mendag Gencarkan Bilateral

Sementara para pejabat AS juga mendorong sekutu dan mitra internasional untuk meningkatkan pengerahan Angkatan Laut mereka sendiri setelah China memperkuat kemampuan militernya di kepulauan Paracel dan Spratly.

"Apa yang telah kita lihat dalam beberapa minggu terakhir hanya permulaan. Secara signifikan lebih banyak sedang direncanakan," kata seorang diplomat Barat, seperti dilansir dari Reuters.

Dengar Suara Aneh di China, Para Diplomat AS Dipulangkan

Pentagon belum memberi komentar resmi mengenai operasi mereka pada masa depan. Namun juru bicara Letnan Kolonel Christopher Logan mengatakan akan terus bekerja dengan mitra dan sekutu AS untuk memastikan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. (ren)
 

Pemerhati politik Rocky Gerung dalam forum diskusi bertajuk Gerakan Rasional Indonesia di kota Padang, Sumatra Barat, pada Senin, 9 Juli 2018.

Rocky Gerung: Konflik Laut China Selatan, RI Hanya Tahan 14 Jam

Dalam hitungan jam NKRI akan lumpuh, apa analisisnya.

img_title
VIVA.co.id
10 Juli 2018