Ke Singapura, Kim Jong-un Akan Dikawal Jet Tempur China

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un
Sumber :
  • Korea Summit Press Pool/Pool via Reuters

VIVA – China akan mengirimkan jet tempur untuk mengawal perjalanan Kim Jong-un yang akan menggunakan North Korea's Air Force One melewati wilayah udara China menuju negara Singapura.

PM Jepang Berencana Perbaiki Hubungan dan Bertemu dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un

"Mengawasi kepala negara dengan jet adalah salah satu protokol keamanan tertinggi yang disediakan oleh Angkatan Udara," kata seorang sumber Angkatan Udara Korea Selatan kepada South China Morning Post.

"Jika China menyediakan pengawalan, ini akan menjadi sebuah pesan kepada aliansi AS-Korsel bahwa China sangat mendukung rezim Kim," kata sumber tersebut.

Korea Selatan Yakin Putri Remaja Kim Jong Un Akan Jadi Penerus sang Diktator

Kim dikenal paranoid dengan keamanan pribadinya. Sementara itu, rincian rute yang akan diambil Kim untuk menuju Singapura yang jaraknya lebih dari 4.000 kilometer dari Pyongyang itu juga dirahasiakan. Menurut para pejabat terkait, Pyongyang akan sangat berhati-hati untuk memastikan keamanan pemimpin Korea Utara itu.

"Jumlah penjaga dan rute perjalanan Kim akan menjadi perhatian keamanan terbesar Korea Utara di Singapura," kata Lee Yun-keol yang sebelumnya bekerja di Satuan Pengawal Tertinggi Korea Utara sebelum dia membelot ke Korea Selatan pada 2005.

Menlu AS Kunjungi Korea Selatan, Korea Utara Langsung Pamer Tembak Rudal Balistik ke Perbatasan

"Kim juga kemungkinan akan terbang ke Singapura melalui wilayah udara China untuk memastikan keamanannya sehingga ia mendapat perlindungan China dalam perjalanannya," ujar Lee.

Kebersamaan Vladimir Putin dan Kim Jong Un

Negara Sahabatnya Diserang Teroris, Kim Jong Un: Korea Utara Bersama Rusia

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim belasungkawa dan pesan simpati kepada sang sahabat, Presiden Rusia Vladimir Putin, atas pembantaian dan aksi terorisme yang

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024