Logo BBC

Demi Nyawa Anak Walet, Rumah Tua Batal Dihancurkan

Keberadaan sarang burung walet membuat pembongkaran rumah tertunda selama satu bulan. - DE AGOSTINI
Keberadaan sarang burung walet membuat pembongkaran rumah tertunda selama satu bulan. - DE AGOSTINI
Sumber :
  • bbc

Para petani di bagian timur Cina dilaporkan menunda pembongkaran sebuah rumah tua karena ditemukan adanya `keluarga` burung walet yang `bermukim` di sana.

Menurut surat kabar , awalnya rumah tua yang terletak di kota Zhuyuan, bagian timur Provinsi Zhejiang itu dijadwalkan akan dibongkar pada 5 Juni, karena lokasinya terletak di tempat yang dianggap berisiko tinggi terhadap bencana geologi.

Namun, ketika para tukang hendak membongkar rumah tersebut, mereka mendengar suara burung bercicit, dan menemukan empat sarang burung walet yang di dalamnya terdapat sejumlah anak burung yang kelaparan.

"Empat anak burung mengintip dari salah satu sarangnya dan menciak karena kelaparan," Xu Zheng, orang yang memimpin pembongkaran rumah tersebut mengatakan kepada kantor berita Xinhua.

Ia juga menambahkan bahwa tim juga menemukan tujuh telur burung walet.

Xinhua menyebut, tim pembongkaran menghubungi ke Asosiasi Burung Liar Zhejiang. Lalu ahli konservasi Song Shihe menyarankan mereka untuk tidak memindahkan burung-burung tersebut.

Song mengatakan jika mereka memindahkan sarangnya, bau manusia akan menempel pada anak-anak burung itu, dan akibatnya induk burung bisa menelantarkan sarang dan membuat harapan hidup anak-anak burung itu jadi rendah.