Logo BBC

Para Pengawal yang Berlari-lari Sekeliling Mobil Kim Jong-un

 - Getty Images
- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Dunia sekali lagi melihat sekilas pengawal Kim Jong-un saat mereka mengawal iring-iringan mobilnya di Singapura. Tapi mereka lebih dari sekedar tontonan, karena ketika berbicara tentang keamanan pemimpin, Korea Utara benar-benar serius soal itu. Analis Michael Madden menjelaskan lebih banyak tentang kaum pria misterius ini.

Ketika berada di Korea Utara, Kim memiliki tiga lapis pengawal berbeda yang mengelilinginya. Versi modifikasi dari formasi ini terlihat di Singapura dan semua mata tertuju pada para lelaki berpakaian setelan gelap ini.

Pengawal yang berjalan di samping limusin Kim dan mereka yang berjalan di dekatnya adalah para anggota Kantor Pusat Partai #6, atau secara resmi, dikenal sebagai Kantor Pusat Ajudan.

Untuk terpilih di satuan ini, mereka harus menunjukkan pencapaian tertentu atau bakat tinggi untuk keterampilan seperti keahlian menembak - menembakkan senapan - dan seni bela diri.

Mereka adalah pengawal langsung di sekitar Kim dan dipilih dari rekrutan Tentara Rakyat Korea (KPA) yang melakukan wajib militer nasional.

Kriteria pemilihan termasuk persyaratan tinggi badan - mereka harus kira-kira sama tingginya dengan pemimpin tertinggi - dan tidak boleh mengalami gangguan penglihatan.

Penyelidikan yang ketat juga akan dilakukan, terkait latar belakang, asal muasal keluarga, bahkan dua generasi di atasnya. Banyak personil dari para pengawal ini masih memiliki hubungan keluarga dengan Kim, atau keluarga elit Korea Utara lainnya.