Logo ABC

Pengadilan Tinggi Australia Kabulkan Penggugat Google

Nama Milorad (Michael) Trkulja dikaitkan dengan pencarian internet mengenai hal berkaitan dengan para boss kriminal di Melbourne.
Nama Milorad (Michael) Trkulja dikaitkan dengan pencarian internet mengenai hal berkaitan dengan para boss kriminal di Melbourne.
Sumber :
  • abc

Lembaga peradilan tertinggi Australia, High Court memutuskan bahwa seorang pria Australia Milorad Trkulja yang merasa dirugikan nama baiknya oleh Google bisa mengajukan gugatan terhadap perusahaan teknologi raksasa tersebut

Di tahun 2004, Trkulja terkena tembakan di bagian punggungnya oleh seorang pria bersenjata tidak dikenal di Melbourne, di saat terjadinya serangkaian pembunuhan di kalangan pelaku kriminal.

Dia hendak menggugat Google atas pencemaran nama baik setelah menemukan di mesin pencari karena namanya yang muncul ketika gambar tokoh mafia yang berhubungan dengan serangkaian kegiatan kriminal di Melbourne.

Gambar-gambar itu mengaitkan Trkulja dengan para boss kriminal termasuk Tony Mokbel.

Usaha Trkulja mengugat Google sebelumnya ditolak oleh Pengadilan Banding negara bagian Victoria, namun hari Rabu (13/6/2018) Pengadilan Tinggi (High Court) memutuskan dia boleh mengajukan gugatan tersebut.

Trkulja pertama kali menggugat Google di tahun 2012 dan menang.

Dia kemudian melakukan gugatan lain lagi dengan tuduhan bahwa adanya teks, gambar dan hal lain yang menunjukkan dirinya bersama dengan para kriminal lain ketika dilakukan pencarian di internet dengan kata-kata "Melbourne underworld criminals".