Logo BBC

Melania Tak Setuju Trump Pisahkan Orangtua dan Anak

 - Getty Images
- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Ibu Negara AS Melania Trump akhirnya angkat suara dalam nada yang berbeda tentang kebijakan suaminya, Presiden Trump, yang memisahkan orang tua dan anak-anak yang memasuki negara itu dari Meksiko secara ilegal.

Melania "percaya kita perlu menjadi negara yang mengikuti hukum, tetapi juga negara yang memerintah dengan hati," kata juru bicaranya.

Ia berkomentar atas kontroversi yang berkembang mengenai kebijakan "toleransi nol" yang diberlakukan suaminya, Presiden Donald Trump.

Dalam periode enam minggu terakhir ini ada hampir 2.000 keluarga yang dipisahkan.

Orang dewasa yang mencoba menyeberangi perbatasan, yang sebagian bermaksud mencari suaka, ditahan dan menghadapi tuntutan pidana untuk tuduhan masuk secara ilegal.

Akibatnya, ratusan anak di bawah umur kini ditempatkan di pusat-pusat penahanan, dan dijauhkan dari orang tua mereka. Kebijakan ini dikecam kelompok-kelompok hak asasi yang menyebutnya sebagai sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Tak biasanya Melania Trump angkat bicara terkait kebijakan dan politik suaminya. Kali ini ia angkat suara dan mengatakan, dia "benci melihat anak-anak dipisahkan dari keluarga mereka dan berharap kedua belah pihak (Partai Republik dan Demokrat di Kongres) akhirnya bisa bersatu untuk mencapai reformasi imigrasi yang bagus".