Korsel Mau Buka Tur Wisata ke Korea Utara

Hotel of Doom di Ibu Kota Pyongyang, Korea Utara.
Sumber :
  • Reuters

VIVA – Pertemuan tingkat tinggi Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada 12 Juni 2018 sangat menarik perhatian dunia.

Prediksi Piala Asia U-23: Korea Selatan vs Timnas Indonesia

Selain itu, meski denuklirisasi masih dianggap jauh dari kata pasti namun pemerintah di Korea Selatan kini sudah mempertimbangkan untuk memperluas tur wisata ke negara Korea Utara.

Sementara Korea Utara memiliki kontrol pariwisata ketat dan hanya segelintir pelancong yang memiliki kesempatan untuk berkunjung ke 'negara misterius' tersebut.

Korea Selatan Dapat Kabar Buruk Jelang Lawan Timnas Indonesia U-23

Orang asing yang diizinkan masuk ke Korut dilarang berinteraksi dengan penduduk setempat. Tur harus dipandu oleh operator tur swasta yang disetujui pemerintah dengan panduan yang telah dilatih oleh negara. 

Tidak ada pilihan akomodasi atau makanan yang akan diberikan karena semua hal sudah diputuskan untuk para wisatawan yang dibolehkan masuk.  

Media Asing Gak Yakin Timnas Indonesia Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024: Mereka Tak Diunggulkan

Korea Selatan saat ini belum mengizinkan warga negaranya untuk melakukan perjalanan ke Korea Utara. Namun seperti yang telah disebutkan, kebijakan itu tampaknya akan berubah.

Kementerian Kebudayaan Korsel sedang mempertimbangkan program tur Korea Utara. Dilansir dari Asian Correspondent, secara khusus kementerian itu sedang mempertimbangkan tiga tempat di antaranya:

1. Gunung Kumgang (Diamond Mountain)

Salah satu gunung paling terkenal di Korea Utara, Gunung Kumgang, terletak di Provinsi Kangwon yang jaraknya hanya 'selemparan batu' dari Provinsi Gangwon, yang menjadi tempat penyelenggaraan Olimpiade Musim Dingin Februari 2018 lalu.

Gunung Kumgang memiliki puncak Birobong setinggi 5.374 Kaki dan area di sekitar gunung memiliki tempat wisata yang dikelola secara khusus. Wilayah ini juga memiliki beberapa resor liburan yang bisa dicapai menggunakan kapal.

Warga Korsel pernah diizinkan untuk mengunjung Gunung Kumgang tapi tur itu ditangguhkan ketika seorang turis Korsel berusia 53 tahun ditembak dan tewas ketika berjalan di pantai resor. Dia ditembak dua kali oleh seorang tentara Korut.

2. Kaesong

Terletak di Provinsi Hwanghae Utara di bagian selatan Korea Utara, Kaesong adalah ibu kota Korea selama kerajaan Taebong (901 hingga 918) dan Dinasti Goryeo (918 hingga 1392).

Kota ini dekat dengan Zona Demiliterisasi Korea (DMZ) dan satu-satunya kota yang telah berpindah tangan dari Korea Selatan ke Korea Utara sebagai akibat dari perjanjian gencatan senjata.

Dahuulu, Kaesong memiliki kawasan industri besar yang menampung sekitar 120 pabrik tekstil dan pabrik padat karya lainnya. Namun kawasan itu ditutup pada Februari 2016 setelah Korut menjalankan uji coba nuklir keempat dan meluncurkan roket jarak jauh.

3. Gunung Baekdu

Juga dikenal sebagai Gunung Paektu, gunung ini memiliki puncak tertinggi 9.003 Kaki dan menjadi gunung api aktif di perbatasan China-Korut. Gunung ini juga menjadi yang tertinggi di semenanjung Korea. Di atas gunung di kaldera terletak danau kawah besar berwarna zamrud yang disebut Heaven lake.

Di sisi gunung Korut, ada sejumlah monumen termasuk salah satu koleksi pakaian militer Kim Il-sung.

Belakangan ini, wisatawan menuju ke Gunung Baekdu untuk mendaki dan menikmati pemandangan air terjun, sungai dan mata air panas. Untuk sampai ke sana, wisatawan harus naik dengan dipandu pelatih yang disediakan pemerintah di bandara di Samjiyon dan diantarkan ke gunung. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya