Logo ABC

Partai Liberal Australia Dituding Mau Jual ABC Bila Menang

Pemimpin Partai Buruh Bill Shorten dengan kepala pemerintahan Australia Barat Mark McGowan di belakangnaya, 13 April 2018.
Pemimpin Partai Buruh Bill Shorten dengan kepala pemerintahan Australia Barat Mark McGowan di belakangnaya, 13 April 2018.
Sumber :
  • abc

Partai Buruh mengingatkan anggota parlemen Partai Liberal akan "berani" untuk menjual ABC jika partai tersebut memenangkan pemilu berikutnya.

Partai Buruh sebagai pihak oposisi bereaksi setelah adanya keputusan yang diambil di kongres Partai Liberal agar lembaga penyiaran nasional untuk diprivatisasi, kecuali di wilayah regional.

Para menteri senior pemerintah kemudian bergegas untuk membantah bahwa pemerintah punya rencana untuk menjual ABC.

"Terus terang, itu keterlaluan bahwa partai yang memerintah, partai di pemerintahan di Canberra, mengatakan mereka ingin memprivatisasi ABC," kata pemimpin Partai Buruh, Bill Shorten.

Keputusan dalam pertemuan Partai Liberal itu tidak bersifat mengikat, sehingga pemerintahan Partai Liberal tidak harus menerapkan kebijakan tersebut.

Namun apa yang diputuskan oleh para anggota partai Liberal menunjukkan adanya konflik internal di dalam partai mengenai kebijakan apa yang harus diambil berkenaan dengan ABC.

Menteri Kabinet Mathias Cormann mengatakan Pemerintah telah sangat jelas tentang masa depan penyiaran publik.