Logo BBC

Membantu Pengungsi Bisa Dipidana di Hungaria

 - Getty Images
- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Parlemen Hungaria telah mengesahkan undang-undang baru yang akan mengkriminalisasi para pengacara dan aktivis yang membantu para pencari suaka.

Siapapun yang `memfasilitasi imigrasi ilegal` akan dihadapkan pada ancaman hukuman penjara selama satu tahun.

Pemerintahan Viktor Orban menyebut undang-undang tersebut sebagai "Undang-undang Menyetop Soros", merujuk pada seorang miliader filantropis terkenal yang menuduhnya mendukung para imigran Muslim.

Pemungutan suara di parlemen di Budapest berlangsung beberapa jam setelah sejumlah pemimpin Uni Eropa setuju untuk mengadakan pembicaraan darurat tentang bagaimana merombak aturan mengenai suaka.

Hungaria mengatakan bahwa para imigran mengancam keamanan nasional mereka, namun sikap garis keras dan peraturan baru mereka mendapat kecaman internasional secara meluas.

Badan pengungsi PBB mendesak pejabat Hungaria untuk membatalkan usulan undang-undang itu, sementara para ahli hukum dari organisasi hak asasi manusia Council of Europe menyerukan agar pemungutan suara ditunda sampai Jumat, saat mereka mengajukan peninjauan ulang terhadap langkah-langkah tersebut.

Sebuah laporan Komisi Venice dari lembaga itu yang bocor ke BBC menyebut Undang-Undang itu "mengkriminalisasi juga kegiatan organisasi yang tidak terkait langsung dengan terjadinya migrasi ilegal".