Logo BBC

Pemilu Turki: Erdogan Incar Masa Jabatan Kedua

Presiden Erdogan mendorong pendukungnya menyampaikan pelajaran kepada kubu oposisi "dalam batas-batas hukum". - Getty Images
Presiden Erdogan mendorong pendukungnya menyampaikan pelajaran kepada kubu oposisi "dalam batas-batas hukum". - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Pemilihan umum Turki berlangsung pada Minggu (24/6) di tengah upaya Presiden Recep Tayyip Erdogan meneruskan masa jabatannya yang kedua.

Sebanyak 60 juta rakyat Turki dapat memberikan suara mereka sebanyak dua kali mulai pukul 08.00 waktu setempat. Satu suara untuk pemilihan legislatif, lainnya untuk pemilihan presiden.

Pada pemilihan presiden, Erdogan merupakan sosok yang diprediksi bakal menang. Namun, dia menghadapi persaingan ketat dari kandidat Partai Republik Rakyat (CHP), Muharrem Ince.

Apa yang dikatakan kedua kandidat?

Baik Erdogan maupun rival utamanya, Muharrem Ince, sama-sama menggelar pawai besar-besaran pada Sabtu (23/6), di hari terakhir kampanye, dan saling menuding bahwa lawannya tidak pantas memimpin Turki.

Ince, yang kampanyenya telah menggalang kembali kekuatan oposisi, berjanji membuat Turki tidak terperosok ke dalam kekuasaan otoriter di bawah Erdogan.

"Jika Erdogan menang, ponsel-ponsel Anda akan terus dikupingi…Ketakutan akan kembali berjaya. Jika Ince menang, pengadilan akan independen," cetusnya di hadapan sekitar sejuta orang di Istanbul.