Menang Pemilu, Tayyip Erdogan Jadi Presiden Lagi

Presiden Turki Erdogan dan istrinya Emine
Sumber :
  • REUTERS/Umit Bektas

VIVA – Presiden Turki Tayyip Erdogan kembali memenangkan Pemilu di negaranya yang berlangsung pada Minggu kemarin, 24 Juni 2018. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Ketua Badan Penyelenggara Pemilu Turki.

Erdogan: Selama Masih Hidup, Saya Akan Terus Bela Perjuangan Palestina

Dikutip dari laman Reuters, Ketua Badan Pemilu Turki, Sadi Guven mengatakan bahwa dari 97 persen suara yang sudah dihitung, Erdogan mendapatkan suara mayoritas. Sementara hasil hitung cepat di televisi Turki juga menunjukkan hal yang sama dan partai pengusung Erdogan dan koalisinya mendapatkan suara mayoritas di Parlemen.

Sementara partai oposisi belum secara resmi mengakui kekalahan. Namun penghitungan yang menunjukkan suara untuk Erdogan adalah mayoritas akan menandai semakin panjangnya perjuangan oposisi di negara tersebut.

Pertama Dalam 20 Tahun, Partai Presiden Erdogan Kalah dalam Pilkada Turki

"Mulai besok, kami akan mulai bekerja kembali menepati segala janji yang sudah dibuat di depan rakyat," kata Erdogan di depan para pendukung yang berkerumun dan mengibarkan bendera kemenangan di kantor pusat Partai AK yang merupakan partai pendukung pemerintah di Ankara.

Dia juga mengatakan, menyusul percobaan kudeta yang terjadi dua tahun lalu, maka Turki akan semakin aktif memerangi terorisme. Selain itu, Presiden berusia 64 tahun tersebut menegaskan bahwa Turki akan melanjutkan pembebasan Suriah, sehingga 3,5 juta pengungsi Suriah yang berada di Turki bisa kembali ke tanah mereka.

Turki Serukan Tekanan Besar ke Israel Untuk Mematuhi Tuntutan Gencatan Senjata PBB

Kemenangan Erdogan menjadi awal pemimpin tersebut akan masuk pada periode pemerintahan lima tahun selanjutnya. Dengan Konstitusi baru, dia akan memimpin hingga tahun 2023, bahkan masih punya peluang hingga tahun 2028.

Sementara kritik juga selama ini kerap muncul terhadap pemerintahan Erdogan yang dianggap kerap menabrak nilai-nilai demokrasi dan kebebasan, termasuk mengekang kebebasan pers di negara tersebut. (ase)

Potret Presiden Turki Erdogan bertemu pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh

Potret Hangat Presiden Turki Erdogan dan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Saat Bertemu di Istanbul

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah bertemu dan menjamu pemimpin kelompok Hamas Ismail Haniyeh di Turki pada akhir pekan ini.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024