Tak Ada Pembahasan Rahasia Visa Turis Israel ke Indonesia

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Avra Augesty

VIVA – Pemerintah Indonesia membantah melakukan komunikasi khusus maupun pembahasan rahasia dengan pemerintah Israel terkait persoalan visa. Hal ini disampaikan menyusul pemberitaan media-media Israel bahwa Indonesia telah mencabut larangan masuk bagi warga negara Israel.

Kemlu: 120 WNI di Ukraina Dipulangkan ke RI, 32 Orang Pilih Menetap

"Tidak ada komunikasi diplomatik Indonesia dan Israel terkait masalah visa terkait pencabutan. Saya juga baru mendengar dari media," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir di Jakarta, Kamis, 28 Juni 2018.

"Soal pembicaraan rahasia, ini sudah ditegaskan Menlu beberapa waktu setelah bertemu dengan Menkumham. Tidak pernah ada pembahasan rahasia baik itu mengenai visa maupun pembukaan hubungan diplomatik," kata dia lagi.

Kemlu Berhasil Selamatkan Hak Finansial WNI di Luar Negeri Rp179 M

Arrmanatha menegaskan, perihal pemberian visa merupakan hak masing-masing negara dan sesuai dengan mekanisme yang telah diatur. Hal ini berlaku kepada warga negara manapun termasuk terhadap Israel.

"Kita berikan visa sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia. Jadi kembali ke dalam konteks diplomasi bahwa tidak ada pembahasan diplomatik mengenai visa dan posisi kita jelas terkait hubungan dengan Israel," kata dia.

Kemlu Jawab Tudingan Ade Armando soal Dugaan Pemerasan di Pandemi

Sebelumnya diberitakan Times of Israel, Juru Bicara Kemlu Israel Emmanuel Nahshon mengatakan bahwa pembatasan visa terhadap wisatawan Indonesia telah dicabut bersamaan dengan pencabutan yang dilakukan oleh Indonesia.

Lewat cuitan di akun Twitter-nya, Nahshon bahkan menyebutkan bahwa keputusan pencabutan larangan ini dilakukan setelah adanya komunikasi lewat sebuah "saluran internasional" antara kedua belah pihak negara.

Unjuk rasa pro-Palestina di New York

Kebencian Akan Yahudi Meningkat, Viral Video Turis Israel Ditinju Oleh Warga New York Tanpa Sebab

Seorang pria di Queens, New York didakwa atas tuduhan kejahatan rasial karena diduga menguntit, melecehkan dan meninju seorang turis Israel di Times Square.

img_title
VIVA.co.id
6 Desember 2023