Logo BBC

Dubes AS untuk Estonia Mundur Gara-gara Trump

James D Melville adalah seorang diplomat karir yang pernah memegang posisi senior di beberapa negara Eropa. - Getty Images
James D Melville adalah seorang diplomat karir yang pernah memegang posisi senior di beberapa negara Eropa. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Duta Besar AS untuk Estonia, James D Melville dilaporkan frustrasi atas pernyataan yang dibuat oleh Presiden Donald Trump tentang sekutu AS, Eropa. Melville menyatakan mengundurkan diri dari jabatan dubes.

Melville mengungkapkan dalam Facebook bahwa komentar-komentar Trump telah mendorongnya mengambil keputusan untuk pensiun, dilaporkan majalah Foreign Policy.

Presiden AS itu memberlakukan tarif dagang pada beberapa industri Uni Eropa dan dengan keras mengkritik sekutu NATO.

Diplomat AS lainnya juga telah meninggalkan pos mereka lebih awal dalam beberapa bulan terakhir.

Pada bulan Januari, Duta Besar AS untuk Panama John Feeley lebih dulu mengundurkan diri. Dia mengatakan dia tidak lagi bisa bekerja di bawah pemerintahan Presiden Trump.

Sebulan sebelumnya, Elizabeth Shackelford mengundurkan diri dari jabatannya di Nairobi di mana dia bekerja untuk misi AS ke Somalia.

Dilaporkan Foreign Policy, dalam surat pengunduran dirinya kepada Menteri Luar Negeri Rex Tillerson, dia mengatakan berhenti karena AS telah meninggalkan hak asasi manusia sebagai prioritas.