Antusiasnya Kim Jong-un Datangi Pabrik Kosmetik Aroma 'Musim Semi'

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un
Sumber :
  • Korea Summit Press Pool/Pool via Reuters

VIVA – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengunjungi sebuah pabrik kosmetik dekat perbatasan dengan China bersama dengan istri dan pejabat tinggi Korut lainnya. Kunjungan ini berpotensi meningkatkan prospek hubungan ekonomi antara kedua negara.

Menurut Korean Central News Agency (KCNA), sebagaimana diberitakan Asia One, Kim melakukan inspeksi pabrik kosmetik di kota barat laut Sinuiju, dekat dengan kota pelabuhan China, Dandong. Kantor berita yang dikelola negara itu tidak menyebutkan apakah Kim melakukan perjalanan ke daerah perbatasan.

Istri Kim, Ri Sol-ju dan para pejabat utamanya menemani Kim selama kunjungan tersebut. Di antara mereka dalam kelompok juga terlihat Hwang Pyong-so, yang diberhentikan dari jabatan Direktur Biro Politik Umum Militer Korea Utara tahun lalu.

"Saya selalu berharap untuk berkunjung ke pabrik kosmetik di Sinuiju. Mereka terkenal karena memproduksi kosmetik dengan aroma musim semi. Setelah mendapat penjelasan tentang hal itu, saya menyempatkan dari jadwal saya untuk berkunjung," kata Kim seperti dikutip oleh KCNA.

Kunjungan inspeksi semacam itu telah meningkatkan prospek Pyongyang yang berusaha meningkatkan kerjasama ekonomi lintas-perbatasan dengan China. Para ahli mengatakan, Beijing tampaknya berusaha untuk melonggarkan penegakan sanksi terhadap Korea Utara dan tetap berhubungan secara ekonomi dengan Korut.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!
Presiden Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Delegasi Korea Utara Kunjungi Iran, Isu Kerjasama Semakin Kuat

Delegasi negara Republik Korea Utara yang dipimpin oleh menteri kabinet perdagangan internasional, melakukan kunjungan negara ke Iran, kata media resmi pemerintah Korut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024