Dua Belas Bocah Thailand Terperangkap 10 Hari di Gua Ditemukan Hidup

Tim penyelamat berusaha mengevakuasi 12 anak anggota tim sepakbola dan pelatik mereka yang terjebak di dalam sebuah gua di Thailand pada Senin, 2 Juli 2018.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA – Sebanyak 12 bocah anggota sebuah tim sepakbola di Thailand yang terperangkap selama sepuluh hari di dalam gua di negara itu dilaporkan ditemukan selamat pada Senin waktu setempat, 2 Juli 2018.

Indonesia ke Perempat Final Thomas Cup, Begini Kata Chico Aura Dwi Wardoyo

Dilansir dari The New York Times, ke-12 anak laki-laki tim sepakbola itu bersama seorang pelatih mereka terjebak di kompleks gua yang banjir di Thailand utara, yaitu di Gua Tham Luang. Mereka akhirnya diselamatkan oleh tim penyelam Inggris.

Dalam sebuah video singkat yang difilmkan oleh penyelam lain, yang diunggah di halaman Facebook Angkatan Laut Thailand, anak-anak dan pelatih mereka tampak dalam kondisi yang sangat baik. Sejumlah anak laki-laki duduk dan beberapa berdiri ketika mereka berbicara dengan penyelam itu.

Siswa MTsN 1 Pati Sabet Emas dan Perak Olimpiade Matematika Internasional di Thailand

Makananlah yang terutama ada di benak mereka. "Makan, makan, makan," salah satu anak laki-laki dapat didengar mengatakan dalam bahasa Inggris.

Kelompok itu telah menjadi fokus dari operasi pencarian dan penyelamatan sejak anak-anak dan pelatih mereka pergi ke kompleks gua populer setelah latihan sepakbola pada 23 Juni dan terjebak di sana gara-gara banjir.

Media Asing Sebut Timnas Indonesia Bakal Merajai ASEAN

Dua penyelam Inggris yang menjadi orang pertama yang mencapai anak-anak itu adalah John Volanthen dan Rick Stanton, keduanya ahli dalam penyelamatan gua, menurut Bill Whitehouse, wakil ketua British Rescue Council.

Tantangan berikutnya adalah membuat anak-anak itu keluar dari gua yang tergenang dalam kondisi mereka yang lemah dan tanpa pelatihan sebagai penyelam scuba. Anak-anak berusia 11 hingga 16 tahun, dan pelatih mereka 25 tahun.

“Saya mengharapkan anak-anak ini secara fisik dalam bentuk yang cukup buruk, dan secara psikologis ketakutan,” kata Dr. Eric Lavonas, seorang dokter darurat dan ahli pengobatan selam terlatih dari Pusat Kesehatan Medis Denver dan juru bicara American College of Emergency Physicians.

Gubernur Provinsi Chiang Rai, Narongsak Osottanakorn, yang mengawasi operasi pencarian dan penyelamatan, mengatakan tim medis akan memperlakukan anggota tim dan mengevaluasi mereka untuk menentukan kapan mereka bisa dipindahkan.

"Saya jamin kami menemukan mereka," kata Narongsak kepada wartawan. “Setelah dokter memeriksakan kondisi mereka, mereka akan memberi perawatan agar mereka bisa bergerak. Kemudian kita akan memutuskan selanjutnya bagaimana memindahkannya. ”

Penyelam akhirnya dapat mencapai anak-anak itu setelah memperbesar lorong sempit yang terendam yang terlalu kecil untuk mereka lalui saat memakai tangki udara.

Sebelumnya, tim telah menggunakan pompa besar untuk mengurangi ketinggian air, dan penyelam telah menempatkan tali pemandu dan tangki udara di sepanjang rute untuk mencapai lokasi anak-anak yang terperangkap.

Raja Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun telah mengisyaratkan bahwa ia memantau operasi penyelamatan, membantu memfokuskan perhatian pejabat pemerintah.

Pertanyaan pertama anak laki-laki ketika para penyelam tiba adalah apakah mereka bisa segera pergi. Mereka juga ingin tahu berapa lama mereka berada di dalam gua.

Penyelam menjelaskan bahwa gua itu banjir dan butuh waktu lama untuk mengeluarkannya. Namun dia meyakinkan mereka bahwa penyelam lain akan segera membawa makanan.

"Banyak orang datang," seorang penyelam, yang dipercaya sebagai Volanthen, berkata. "Kami adalah yang pertama."

Karena anak laki-laki dan pelatih mereka pergi ke gua setelah latihan sepak bola, tidak mungkin mereka memiliki banyak, jika ada, makanan untuk mereka. Tetapi mengingat berapa lama mereka bertahan dan kondisi mereka ditemukan, para ahli kesehatan mengatakan bahwa mereka yakin mereka memiliki air minum, entah dari dalam gua atau dibawa bersama mereka.

"Makanan bukan prioritas," kata Dr Lavonas. “Ini membawa mereka ke tempat yang aman. Tubuh manusia cukup bagus dalam menghadapi kelaparan jangka pendek.”

Kham Phromthep, yang putranya yang berusia 12 tahun, Duangpetch Phromthep, berada di antara anak-anak lelaki yang terperangkap di dalam gua, mengatakan dia sangat gembira ketika melihat putranya dalam video itu.

"Saya sangat senang melihat wajahnya di antara wajah-wajah lain," katanya.

Seperti kerabat lain dari kelompok yang hilang, Pak Kham pergi ke gua setiap hari untuk mengikuti operasi penyelamatan.

Dia ada di rumah Senin malam ketika dia mendengar berita itu dan bergegas kembali ke gua dengan sepedanya.

"Saya sangat senang, sangat lega," katanya. “Dia kehilangan berat badan. Dan dia terlihat lelah. Tapi tetap saja, saya sangat senang melihatnya.”

Ratusan pejabat dari lebih dari 20 badan pemerintah, bersama perusahaan swasta, dilibatkan dalam pencarian. Tim penyelamat datang dari setidaknya enam negara, termasuk anggota militer Amerika Serikat.

"Ini adalah keberhasilan yang sangat luar biasa untuk Thailand," kata Kapten Jessica Tait, juru bicara tim Angkatan Udara Amerika Serikat yang membantu dalam operasi itu.

Para pencari telah percaya bahwa anak-anak dan pelatih mereka akan pergi ke gua besar yang dikenal sebagai Pantai Pattaya, yang mereka pikir akan kering dan memiliki lebih banyak udara daripada bagian lain dari gua.

Tapi Pantai Pattaya juga banjir, dan kelompok itu pergi seperempat mil di dalam kompleks gua ke ruangan lain, kata Tuan Narongsak, gubernur.

Kelompok ini ditemukan sekitar tiga mil dari pintu masuk gua.

Para pejabat telah mencoba berbagai pendekatan untuk menjangkau anak-anak itu, termasuk berusaha menemukan titik masuk lain ke dalam kompleks gua sepanjang tujuh mil dan mungkin menggali melalui puncak gunung ke dalam atap gua tempat kelompok itu diyakini berada.

Tetapi terobosan yang paling signifikan terjadi pada Senin ketika para penyelam, menghadapi tanah longsor dan jarak pandang terbatas, dengan susah payah memperbesar lorong kecil yang menghalangi bagian bawah laut mereka.

Para penyelam datang mendekati kelompok itu pada Selasa lalu ketika permukaan air lebih rendah dan mereka dapat melewati celah sempit. Tetapi mereka harus mundur cepat ketika air mulai naik dan mengancam untuk menjebak mereka di gua juga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya