Meninggal akibat Kecelakaan, Wanita Bernapas Lagi di Kamar Jenazah

Ilustrasi jenazah.
Sumber :
  • REUTERS/Yuriko Nakao

VIVA – Seorang wanita yang telah dinyatakan meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan mobil di Afrika Selatan tiba-tiba ditemukan hidup di lemari pendingin di sebuah kamar jenazah.

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

Wanita yang tak disebutkan namanya itu mengalami kecelakaan di Carletonville, dekat Johannesburg dini hari waktu setempat pada 26 Juni 2018. Mobil yang ditumpanginya terbalik, sedangkan tiga penumpangnya terlempar keluar dan dua di antaranya langsung tewas.

Wanita tersebut dinyatakan tewas di tempat kejadian dan ditempatkan di kamar jenazah. Menurut perusahaan ambulans swasta Distress Alert, korban tak lagi menunjukkan tanda-tanda kehidupan saat dibawa.

Suasana Rumah Duka Mooryati Soedibyo, Dipenuhi Pelayat dan Karangan Bunga

Namun, ketika seorang petugas kamar jenazah memeriksa tubuhnya, mereka menemukan bahwa wanita itu masih bernapas. Dia kemudian dibawa ke rumah sakit sebelah timur Johannesburg dan penyelidikan dibuka atas insiden itu.

Gerrit Bradnick, manajer operasi Distress Alert mengatakan, pihak paramedis mengikuti prosedur yang berlaku untuk memastikan bahwa wanita itu sudah tak bernyawa, termasuk mencari tanda-tanda denyut nadi dan pernapasan.

340 Mayat Ditemukan di Rumah Sakit Gaza yang Hancur, PBB Menuntut Penyelidikan Independen

"Kami telah menggunakan berbagai peralatan untuk memastikan apakah korban masih hidup atau telah meninggal dunia. Tidak ada bukti kelalaian dari tim kami," kata Bradnick, sebagaimana diberitakan Independent.

Ini bukan pertama kalinya penemuan semacam itu terjadi di Afrika Selatan. Pada 2011, seorang pria berusia 50 tahun tertahan 24 jam di kamar mayat Cape Eastern sebelum dia akhirnya bangun dan mulai berteriak.

Pada 2016, seorang pria dari KwaMashu dinyatakan meninggal di tempat kecelakaan, tapi kemudian ditemukan bernapas pada hari berikutnya ketika keluarganya berkunjung untuk melihat jenazahnya. Pria itu kemudian dibawa ke rumah sakit dan diperiksa, namun kemudian dilaporkan meninggal sekitar lima jam kemudian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya