Negaranya Rawan, Presiden Terpilih Meksiko Malah Tolak Pengawalan

Andres Manuel Lopez Obrador
Sumber :
  • REUTERS/Edgard Garrido

VIVA – Sekalipun baru saja terpilih sebagai panglima tertinggi sebuah negara yang terkenal dengan peredaran narkoba yang telah merenggut lebih dari 200 ribu jiwa dalam waktu kurang dari satu dekade, Presiden Meksiko punya sikap yang tak biasa.

Intimidasi Jurnalis di Aceh, Arogansi Pengawal Firli Bahuri Langgar UU Pers

Presiden terpilih Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan, dia akan menolak hak untuk mendapatkan perlindungan sebagai cara agar dia bisa tetap dekat dengan masyarakat.

"Saya tidak membutuhkan bodyguard. Warga akan menjaga dan melindungi saya," kata Lopez Obrador atau yang biasa dipanggil Amlo usai bertemu dengan Presiden Enrique Pena Nieto yang akan dia gantikan, untuk membahas masa transisi politik.

2 Wartawan di Aceh Diintimidasi Pengawal Firli Bahuri

Pria berusia 64 tahun yang mengalahkan lawannya dalam Pemilu akhir pekan lalu kembali menegaskan salah satu janjinya selama kampanye yaitu untuk meningkatkan citranya sebagai pemimpin dari 53 juta warga miskin Meksiko.

"Saya tidak ingin berkeliling dengan dikelilingi oleh pengawal. Saya ingin bertemu Anda, saya ingin masyarakat menjaga saya," kata Amlo sebagaimana dikutip dari The Guardian.

Pengawal Jenazah Adang dan Aniaya Sopir Truk di Priok, Endingnya Damai

Namun demikian, Jose Antonio Crespo, seorang analis politik dari Mexico's Center for Economic Research and Teaching mengatakan, keputusan Amlo adalah tindakan yang justru tidak bertanggung jawab.

"Dia bukan hanya warga biasa, dia adalah kepala negara. Bagian yang baik dari stabilitas negara dan aturan hukum adalah bergantung pada keamanan dan kesehatan pemimpinnya," ujar Crespo.

Floyd Mayweather Jr vs Big Show

Mengejutkan, Segini Gaji Pengawal Floyd Mayweather

Mantan juara tinju dunia kelas super bulu WBC, welter IBF, WBA dan kelas welter super WBA, WBC, Floyd Mayweather memberikan gaji yang tinggi kepada para pengawalnya.

img_title
VIVA.co.id
12 Januari 2024