AS Curiga China Cari Cara Gagalkan Denuklirisasi Korea Utara

Pertemuan Donald Trump dan Kim Jong-un di Singapura
Sumber :
  • REUTERS/Jonathan Ernst

VIVA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump curiga China sedang berusaha menggagalkan upaya AS terkait kesepakatan denuklirisasi dengan Korea Utara.

Kim Jong Un Dikabarkan Punya Selingkuhan Seorang Penyanyi, Hingga Punya Anak Bersama

Dalam komentar pertamanya menjelang pembicaraan diplomatik yang akan diadakan pekan depan, Trump mengatakan China mungkin akan melakukan tekanan negatif sebagai reaksi atas perang tarif kedua negara beberapa waktu terakhir.

"Saya yakin Kim Jong-un akan menghormati perjanjian yang kami tandatangani dan yang lebih penting lagi jabat tangan kami. Kami setuju dengan denuklirisasi Korea Utara," kata Donald Trump.

Deretan Aturan Nyeleneh yang Mengatur Kehidupan Korea Utara di Era Kim Jong Un

"China di sisi lain mungkin melakukan tekanan negatif pada kesepakatan ini karena kebijakan perdagangan kita terhadap China yaitu Chinese Trade-Hope Not!" ujarnya seperti dikutip dari Channel News Asia.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo telah melaporkan kemajuan atas perundingan tingkat tinggi pertama sejak Trump dan Kim Jong-un bertemu di Singapura. Meskipun ia mengatakan jalan yang sulit masih terbentang di depan. Namun Korea Utara malah menuduhnya melakukan diplomasi seperti gangster.

5 Negara dengan Militer Aktif Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

Setelah pertemuan bersejarah antara Kim dan Trump pada bulan Juni 2018 lalu, Trump mengatakan bahwa Korut tak lagi menjadi ancaman nuklir meskipun tidak ada rincian lebih lanjut. Ia pun mengutus Pompeo, untuk memperjelas rincian perjanjian.

"Sekarang adalah waktu bagi kita semua, Kementerian Luar Negeri dan lainnya untuk menyampaikan, untuk melaksanakan perjanjian antara Presiden Trump dengan pemimpin Kim," kata Pompeo. (ase)

Ilustrasi agama di dunia

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Ateisme secara umum merujuk pada ketidakpercayaan terhadap keberadaan Tuhan, dan seseorang yang menganut pandangan ini disebut sebagai ateis. Di Indonesia, hal itu tabu

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024