Banjir Parah di Jepang, Bagaimana Nasib WNI yang Terdampak

Banjir dan Tanah Longsor di Jepang, 88 Warga Tewas
Sumber :
  • Kyodo / via REUTERS

VIVA – Konsulat Jenderal RI di Osaka memastikan bahwa warga negara Indonesia di wilayah yang terdampak bencana banjir besar Jepang dalam kondisi aman. Kendati demikian, sejumlah WNI dilaporkan terpaksa mengungsi karena banjir yang cukup parah di wilayah bagian barat Jepang itu.

Sempat Dimakan Cipung, Shishamo-Curry Bowl Berikan Sensasi Kembali Ke Osaka

"Berdasarkan laporan masyarakat dan pantauan KJRI Osaka, WNI dalam kondisi aman. Namun terdapat satu WNI mengalami luka ringan dan telah dirawat di rumah sakit setempat," demikian keterangan tertulis KJRI Osaka.

Sejumlah WNI terpaksa mengungsi ke pusat pengungsian maupun ke rumah keluarga masing-masing di antaranya empat keluarga mengungsi ke Kota Saijo, 10 orang di Kota Kure dan empat orang di Kota Mihara. 

Viral Video Banjir Parah Menerjang Seoul Korsel yang Memadamkan Listrik di 4.000 Rumah

"KJRI Osaka senantiasa memantau perkembangan dan kondisi WNI di wilayah yang terdampak bencana," disebutkan rilis.

Banjir dan tanah longsor yang melanda Jepang bagian barat sejak Jumat pekan lalu diakibatkan oleh tingginya curah hujan selama tiga hari beeturut-turut. Wilayah yang paling parah terdampak antara lain Prefektur Hiroshima dan Okayama. Hingga hari ini, setidaknya tercatat lebih dari 56 korban jiwa, 50 orang hilang, 1595 rumah rusak dan 5.504 terpaksa mengungsi. Sementara di Okayama, 28 orang meninggal dunia, tujuh hilang dan 2.749 rumah rusak. Di Ehime, sementara tercatat 25 orang meninggal dunia.

KBRI Pastikan Tak Ada WNI jadi Korban Bencana di Korea Selatan

KJRI Osaka telah mengimbau WNI di wilayah tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan serta mengikuti instruksi dari otoritas setempat.

Hotline KJRI Osaka dapat dihubungi setiap saat, khusus dalam keadaan darutat yaitu melalui nomor +81 80 3113 1003 via telepon seluler, Viber, Line maupun WhatsApp.

Banjir melanda Kabupaten Aceh Singkil

Bencana Banjir di Aceh Singkil, Ribuan Rumah di 16 Desa Terendam

Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Singkil semakin memburuk, menyebabkan ribuan rumah warga di Kecamatan Singkil dan Singkil Utara terendam.

img_title
VIVA.co.id
25 Desember 2023