Warga Inggris Tewas, Anggota Parlemen Salahkan Vladimir Putin

Kremlin Palace
Sumber :
  • Kremlinpalace.org

VIVA – Anggota Parlemen Salisbury Inggris menyalahkan Presiden Rusia Vladimir Putin setelah seorang wanita Inggris tewas akibat terkena racun saraf yang disebut dimiliki oleh Rusia. Belum lama ini, Dawn Sturgess (44) tewas di kediamannya di Amesbury, Wiltshire, Inggris.

Sidang Parlemen Inggris, antara Brexit dan Daftar Belanja yang Panjang

Sementara itu, kekasihnya Charlie Rowley (45) disebutkan dalam kondisi kritis ketika keduanya mendapat serangan racun pada akhir Juni 2018.

Dikutip dari laman Metro, penyelidikan kini juga dalam rangka mencari hubungan kejadian ini dengan penyerangan terhadap mantan agen ganda Sergei Skripal dan putrinya Yulia yang juga diserang racun saraf Novichok pada Maret 2018.

Drone Milik AS Ketahuan Mondar-mandir Pantau Perbatasan Rusia

Anggota Parlemen Salisbury Inggris, John Glen, mengatakan bahwa dengan adanya serangan ini bukan semata pemerintah yang patut disalahkan namun juga pihak Rusia.

"Kami tidak boleh lupa tentang fakta bahwa racun saraf yang digunakan militer ini pernah digunakan di Salibusry dan di Wiltshire Selatan itu dimiliki Putin dan Kremlin," kata Glen.

Pertemuan Pertama Putin-Kim, Sepakat Tingkatkan Hubungan Bilateral

Sementara itu, Menteri Pertahanan Gavin Williamson juga menuding Rusia telah melakukan serangan di teritori Inggris dan hal tersebut sangat fatal.

"Realitasnya Rusia melakukan serangan di tanah Inggris yang menyebabkan warga Inggris kehilangan nyawa," kata dia.

Namun, sempat tegangnya hubungan Rusia dan Inggris akibat adanya serangan racun saraf tersebut masih menyisakan bantahan dari Rusia. Lebih awal Rusia menegaskan bahwa Rusia tak lagi memiliki racun saraf yang pernah digunakan Uni Soviet sebagaimana dicatat sejarah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya