Logo BBC

Diduga Jual Bayi, Rumah Penampungan Anak Bunda Teresa Diselidiki

Missionaries of Charity menjalankan rumah penampungan bagi perempuan hamil di luar pernikahan. - Getty Images
Missionaries of Charity menjalankan rumah penampungan bagi perempuan hamil di luar pernikahan. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Pihak berwenang India menyelidiki lembaga sosial Bunda Teresa, Missionaries of Charity, yang dituduh menjual bayi-bayi dari para perempuan yang ditampungnya.

Departemen Kesejahteraan Perempuan dan Anak India mengeluarkan pernyataan pada Selasa (17/07) bahwa pihaknya telah "menginstruksikan kepada semua negara bagian untuk segera melakukan inspeksi ke rumah-rumah penampungan anak yang dijalankan oleh Missionaries of Charity di seluruh negeri".

Perintah ini dikeluarkan setelah seorang biarawati dan seorang staf ditangkap awal bulan ini karena diduga menjual bayi di Negara Bagian Jharkhand, India timur.

Bayi diduga dijual, biaya persalinan ditanggung

Polisi menangkap kedua orang itu pada tanggal 5 Juli setelah Komite Kesejahteraan Anak Jharkhand menerima pengaduan bahwa terdapat seorang bayi yang hilang dari penampungan untuk perempuan hamil di luar pernikahan yang dijalankan oleh Missionaries of Charity.

Si bayi, menurut polisi setempat, diduga dijual kepada sepasang suami istri yang diyakini menanggung biaya persalinan ibu bayi tersebut di rumah sakit.


Polisi melakukan penyelidikan terkait dugaan penjualan bayi di penampungan Missionaries of Charity di Ranchi, Jharkhand. - Getty Images