Logo BBC

Gua Thailand: Mural Raksasa untuk Hormati Para Penyelamat

 - Getty Images
- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Mural raksasa berjudul Para Pahlawan dibuat di Chiang Rai, Thailand, untuk menghormati operasi penyelamatan yang menyelamatkan 12 remaja dan pelatih sepakbola mereka, yang terperangkap di dalam gua selama lebih dari dua minggu.

Karya seni ini dihasilkan para seniman lokal, dan mural ini secara gamblang menampilkan sosok Saman Gunan (lihat lukisan di bawah), mantan penyelam Angkatan Laut Thailand yang meninggal saat membantu operasi penyelamatan untuk menyelamatkan belasan remaja itu.

Mural berukuran besar ini dipamerkan di galeri Art Bridge di Thailand utara, yang merupakan bagian sebuah pameran untuk mendedikasikan terhadap keberhasilan operasi penyelamatan tersebut.


- Getty Images

Juga ditampilkan patung Saman Gunan, dengan 12 remaja dan pelatih sepak bolanya yang disimbolkan babi hutan dan anak-anaknya di kakinya.


- Getty Images

Belasan remaja dan pelatih sepak bola mereka terperangkap di gua Tham Luang pada 23 Juni, dan ditemukan oleh tim penyelamat sejauh empat kilometer dari mulut gua pada 2 Juli. Proses penyelamatan berakhir pada 10 Juli.